PENTINGNYA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA CIKASUNGKA KECAMATAN SOLEAR KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Andry Sugeng Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang
  • Alya Budiantini Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang
  • Khusnul Khuluqi Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28380

Abstract

Laporan keuangan merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis atau usaha, baik itu skala besar ataupun kecil termasuk UMKM, karena dalam laporan keuangan si pengusaha atau pemilik bisa mengambil keputusan yang tepat untuk usahanya. Pelaku Usaha didesa cikasungka yang tergabung dalam Forum Usaha Mikro Kecil (Forsamik) merupakan bagian dari UMKM. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyusunan laporan keuangan dan kemampuaan peyusunan laporan keuangan, terutama laporan keuangan UMKM. Laporan keuangan UMKM sendiri kemudian disebut dengan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah). Yang diatur dalam SAK EMKM minimal terdiri dari, (1) Laporan posisi keuangan pada akhir periode, (2) Laporan laba rugi selama periode, (3) Catatan atas laporan keuangan yang berisi tambahan dan rincian pos-pos tertentu yang relevan. Metode yang dikembangkan dalam kegiatan ini melalui sosialisasi dan cara penyusunan Laporan Keuangan bagi pelaku UMKM. Pelaku UMKM berdalih tidak mempunyai ilmu berkaitan dengan membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Sehingga dengan adanya kegiatan tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan bagi pelaku UMKM ini, dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi para pelaku usaha serta secara langsung dapat diterapkan pada penyusunan laporan keuangan usahanya.

Kata Kunci : Penyusunan, Laporan Keuangan, UMKM

References

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. 01, 5

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1), 57-65.

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap UMKM di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Pamulang.

Puspitaningtyas, Z. (2017). Pembudayaan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi, 21(3), 361.

Setyawati dan Hermawan. (2018) Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(2)

Sofiah dan Rajabudhin. (2011). Manajemen Bisnis Ritel. Jakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-01-28