PENINGKATAN LITERASI PENILAIAN GURU DI SDN PABUARAN 02, KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Candra Abdillah Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Dameis Surya Anggara Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28384

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan dampak kegiatan berbentuk workshop peningkatan literasi penilaian guru di SDN Pabuaran 02, Kabupaten Bogor. Khalayak sasaran kegiatan adalah 8 guru di SDN Pabuaran 02 dengan waktu pelaksanaan pada tanggal  10-12 November 2022. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi dan tindak lanjut kegiatan. Hasil dari kegiatan ini antara lain: (1) perencanaan kegiatan meliputi koordinasi dengan tim PkM, menyusun skenario kegiatan dan materi workshop, serta berkoordinasi dengan pihak SDN Pabuaran 02, Kabupaten Bogor. (2) Pelaksanaan kegiatan berlangsung 3 hari dengan rincian yaitu hari pertama berupa pembukaan, pretest, penyampaian materi workshop peningkatan literasi penilaian, hari kedua berupa pelatihan penyusunan perangkat penilaian pembelajaran, dan hari ketiga berupa refleksi dan tindak lanjut kegiatan, posttest, dan penutupan. (3) Dampak yang diperoleh adalah meningkatnya literasi penilaian guru SDN Pabuaran 02 terkait tujuan penilaian, cara memproses dan mengolah hasil penilaian, dan cara mengintrepetasikan hasil penilaian belajar siswa.

Kata Kunci : Literasi, Penilaian, Guru, Belajar

References

Abdillah, C., Anggara, D. S., & Permana, P. S. (2019). Perencanaan Pengajaran.

Abdillah, C., Anggara, D. S., Retnawati, S., & Ulfa, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Penilaian Pembelajaran Untuk Guru SMK Sasmita Jaya 1 dan SMK Sasmita Jaya 2, Tangerang Selatan, Banten. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 304-311.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

DeLuca, C., Lapointe-Mcewan, D., & Luhanga, U. (2016). Teacher assessment literacy: A review of international standards and measures. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 28(3), 251-272.

Engelsen, K. S., & Smith, K. (2014). Assessment literacy. In Designing assessment for quality learning (pp. 91-107). Springer, Dordrecht.

Permendikbud No.23 Tahun 2020 tentang standar penilaian pendidikan.

Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah.

Shams, J. A., & Iqbal, M. Z. (2019). Development of Classroom Assessment Literacy Training Program for University Teachers in Punjab. Bulletin of Education and Research, 41(2), 41-52.

Widyowoko, E.P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yamtim, V., & Wongwanich, S. (2014). A study of classroom assessment literacy of primary school teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2998-3004.

Zolfaghari, F., & Ahmadi, A. (2016). Assessment literacy components across subject matters. Cogent Education, 3(1), 1252561.

Downloads

Published

2023-01-28