PENYULUHAN BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA BERNUNG KECAMATAN GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Authors

  • Aida Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung
  • Nuzul Inas Nabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung
  • Zainnur M. Rusdi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung
  • Dwi Asri Siti Ambarwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28385

Abstract

Strategi pemasaran yang baik pada industri rumah tangga sangat penting agar industri rumah tangga tersebut dapat meningkatkan volume penjualan produknya dan bersaing dengan industri lainnya, tetapi masih banyak pelaku industri rumah tangga yang belum mengetahui bauran pemasaran yang efektif. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada pelaku industri rumah tangga tentang pengetahuan bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi agar dapat tercapai kemampuan bersaing dengan pesaing lainnya sehingga dapat bertahan dalam kompetisi yang ada, meningkatkan penjualan, dan keberlangsungan dari industri rumah tangga produk emping melinjo di Desa Bernung, Kecamatan Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melakukan kunjungan kerumah-rumah dan melibatkan pihak pelaku usaha rumah tangga emping melinjo tepatnya di Dusun Taman Rejo, Desa bernung. Hasil dari survei dan penyuluhan dapat dilihat dari hasil post-test yang dilakukan menunjukkan peningkatan pengetahuan dari para peserta tentang strategi bauran pemasaran. Hal ini memberikan optimisme dari tim pengabdian bawa para pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas produksi, melakukan promosi yang akhirnya meningkatkan pendapatan pelaku usaha.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi

References

Agustinawati, & Puspasari, C. (2018). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2), 11–17.

Amanah, D. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah. 21(September), 1–11.

Badan Pusat Statistik. (n.d.). Industri-Besar-Dan-Sedang. Retrieved January 9, 2023, from https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html

Garaika, Y. (2020). Jurnal BUDIMAS Vol. 02, No. 01, 2020. Jurnal Budimas, 02(01), 43–49.

Hadi, A. S., & Khairi, A. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. In Pearson Prentice hall (14th ed.).

Maladi et al. (2022). Strategi dan Bauran Pemasaran bagi Pedagang Kue Cincin di Barabai. Aptekmas, 5(4), 7–12.

Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Maulina, D. (2021). PKM Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.428

Pio, R. J., Kojo, C., & Tampi, J. R. E. (2022). Tinjauan Bauran Pemasaran Dari Perspektif Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 10–12.

Rosida, D. A., Panjaitan, T. W. S., & Sihmawati, R. R. (2021). ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional Vol. 01, No. 04, Tahun (2021). ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 01(04), 56–61.

Tehuayo, Erlinda; Tabelessy, Walter; Pelupessy, Merry Margareth; Huwae, V. E. (2019). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729

Utami, F., & Prasetyo, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk Community Empowerment Program Through Community Service in Improving Product Marketing Capabilities. Journal of Millennial Community, 2(1), 20–27.

Published

2023-01-28