INTRODUKSI KOMPOR PELLET BIOMASSA BAGI UKM MINYAK ATSIRI DI KECAMATAN BANDAR MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Dewi Agustina Iryani Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
  • Sri Ismiyati Damayanti Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
  • Simparmin Br Ginting Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
  • Azhar Azhar Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28386

Abstract

Proses penyulingan minyak serai wangi sangat bergantung dari pasokan bahan bakar karena proses penyulingan membutuhkan pasokan panas untuk mempercepat proses penguapan. Saat ini, proses produksi minyak serai yang dilaksankan oleh UKM/perajin di Indonesia umumnya masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan peralatan tungku dan ketel sederhana yang tidak memenuhi standar efisiensi energi dan cenderung menimbulkan banyak polusi. Oleh karenanya, dirasa perlu untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yaitu pemberian pengetahuan dan ketrampilan dalamĀ  penggunaan energi alternatif dengan menggunakan Kompor Pellet Biomassa sebagai pengganti tungku tradisional. Kegiatan pemberdayaan ini diharapkan dapat menjadi solusi yang dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh UKM yang mempunyai kesulitan mendapatkan bahan bakar seperti gas elpiji atau kayu bakar. Program pengabdian masyarakat ini merupakan program kemitraan yang dilakukan bersama tiga pihak, yaitu industri biopelet (PT. Indokarya Global Jaya) dan UKM Minyak serai wangi sebagai pengguna bahan bakar pelet. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim pengabadian kepada masyarakat (PKM) Universitas Lampung bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih masyarakat tentang teknologi pembakaran yang lebih ramah lingkungan dan memberikan efesiensi yang lebih tinggi dengan menggunakan pellet biomassa (biopellet) sebagai bahan bakar. Kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu: (i) sosialisasi, (ii) pelatihan penggunaan kompor dan proses produksi pelet biomassa (i). Target luaran yang diharapkan pada kegiatan ini adalah masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan kompor pelet biomassa untuk sebagai sumber energi dalam proses penyulingan yang lebih ramah lingkungan.

Kata Kunci : pelet biomassa, UKM minyak atsiri, energi terbarukan, kompor biomassa

References

Iryani, D.A, Haryanto, A., Hidayat, W., Amrul, Talambanua, M., Hasanuddin, U., Lee, S., 2019. Torrefaction of Palm Oil Empty Fruit Bunches Biomassa dor Gasification Feedstock by Using COMB (Counter Flow Multy=baffle Reactor, Prague, Chezh, CULF, University of Life sciences.

Kim, C.Y, Kim, J.S., 2010. The Comparative Study of Wood PelletUsing Ligfe Cycle Assement. Kangwon Korea, Kangwon National University, Korea.

Bangsawan, S., Choi Y dan Js Kim. 2020. Pengembangan Kemasan Zero Palstik serta label sehat-Halal, Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi dan Komunitas Satbek 4 Bandar Lampung.

http://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index-berita/minyak-serai-wangi.

Downloads

Published

2023-01-28