PENINGKATAN KOSA KATA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PICTURE BOOK DI TAMAN BACAAN PERIGI DEPOK

Authors

  • Diyah Iis Andriani Dosen Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Achmad Rizqi Adi Wantoro Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Balqis Azhara Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Christian Michael Lucky Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Jechezkiel Theodorous Untoro Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Putri Amalia Pratiwi Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Rudolfus Kevin Ndawan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Selvi Oktavyani Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Syifa Nabilah Azhari Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Tiara Ervinda Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Tubagus Muhammad Alyudin Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28389

Abstract

Kemampuan memahami kosa kata bahasa Inggris menjadi salah satu faktor utama dalam proses penguasaan bahasa Inggris itu sendiri. Taman Bacaan Perigi yang berlokasi di Jalan Pahlawan Depok merupakan Lembaga Pendidikan yang didirikan untuk anak-anak dilingkungan warga sekitar yang didirikan atas dasar kepedulian pemuda pemudi setempat terhadap Pendidikan dan pembelajaran anak-anak di lingkungan tersebut. Selain menyediakan berbagai buku bacaan, pengelola dari tempat ini yaitu mampu mengajarkan anak-anak untuk dapat belajar Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bawa anak-anak pada lokasi tersebut kesulihatan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Tidak jarang dari mereka merasa bahwa Bahasa Inggris merupakan hal yang tidaklah penting. Mereka hanya mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris dari sekolah saja. Kendala yang membuat hal ini terjadi yaitu kurangnya motivasi dari orang tua dan lingkungan tentang pemahaman yang menumbuhkan rasa ingin tahu anak-anak dalam menguasai Bahasa Inggris baik dalam bentuk text maupun verbal. Oleh karena itu, tim Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat memutuskan untuk terjun serta menawawrkan solusi pada permasalahan tersebut berupa mengajarkan anak-anak dalam pelajaran Bahasa Inggris melalui buku bergambar untuk meingkatkan motivasi belajar. Gambar-gambar dan warna-warna menarik minat anak-anak dan akan lebih termotivasi karena tidak banyak mengandung kata, sehingga anak-anak tidak mudah bosan dan dengan mudah meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, pendidik menggunakan metode Total Physical Response (TPR) dan Audiolingual Method. Pada saat kegiatan belajar mengajar, para pendidik secara aktif bercerita dan bertanya kepada anak-anak didik terkait cerita yang disampaikan, sehingga anak-anak didik merasa tertantang untuk memberikan jawaban dan menyampaikan ide, gagasan, dan pendapat yang mereka miliki tentang cerita yang dibacakan. Selain itu, anak-anak juga diberikan beberapa lembar pelatihan untuk diajarkan dalam mengisi serta melengkapi lembar Latihan yang diberikan dengan didampingi oleh pendidik.

Kata Kunci : Kosakata, Bahasa Inggris, Picture Book

References

Aliyah, S. (2011). Kajian Teori Metode Storytelling dengan Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini: Studi Eksperimen Quasi di TK Negeri Pembina Kabupaten Majalengka. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia.

Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng, Jakarta: Mizan

Bower, V. 2014. Developing Early Literacy 0 to 8 From Theory to Practice. London: Sage publication L.tdD.S., Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S., Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Firdaus, Ardiyansah Yuliniar (2016). Kompetensi Ideal Pendidik Untuk Menciptakan Masyarakat Literat di Sekolah Dasar. Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan dilaksanakan tanggal 26 November di Bogor-Jawa Barat. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Haryati, Nanik. 2015. “Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indoesia Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015â€. Skripsi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Hornby, A. S. (1974). Oxford Learner’s Dictionary of Current English.

Imah, T. (2018). Improving the Students’ Pronunciation Ability through Audiolingual Method at the Eight Grade of Mts N 2 Lampung Timur in Academic Year 2017/2018, 21–21.

Irwansyah, Dedi dan Ahmad Madkur. (2019). English Grammer for Tadris Bahasa Inggris, Yogyakarta: Idea Pers.

Kamil, M. L., & Hiebert, E. H. (2005). Teaching and learning vocabulary. Bringing research to practice. Lawrence Erlbaum Associates.

Kustandi, Cecep., & Sutjipto, Bambang. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lenhart, J., Lenhard, W., Vaahtoranta, E., & Suggate, S. 2017. Incidental vocabulary acquisition from listening to stories: a comparison between read-aloud and free storytelling approaches. Educational Psychology, 1-21. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.13633770

Machado, J. M. 2013. Early Childhood Experiences In Language Arts Early Literacy (10th ed). Wadsworth. Cengage Learning.

Mantei, J. & Kervin, L. 2014. Interpreting the images in a picture book: students make connections to themselves, their lives and experience. English Teaching: Practice and Critique. Vol. 13, No. 2 pp. 76-92. http://education.waikato.ac.nz/research/files/etpc/files/2014v13n2art5.pdf

Mitchell, D. 2003. Children’s Literature An Invitation to The World. Boston: Peaarson Education, Inc.

Mol, S. E., Bus, A. G., & Jong, M. 2009. Interactive book reading in early education: a tool to stimulate print knowledge as well as oral language. Vol. 79, No. 2, pp. 979–1007. http://www.doi.org/10. 3102/0034654309332561

Ngalim Purwanto. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prastyo, H. (2017). Tata Bahas Inggris. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan International English Institute of Indonesia

Ratnasari, Yunita. 2011. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari Purbalingga. Skripsi: FIP Universitas Yogyakarta.

Richard, J., & Rodgers, T. (2001). Approaches and methods in language. Cambridge University Press.

Scull, J., Louise, P., & Raban, B. 2013. Young learners: Teachers’ questions and prompt as oppurtunities for children’s language development. University of Melbourne, Deakin University, and University of Melbourne. Research in early childhood, vol 7 No.1, 69-91. Retrieved from http://research.monash.edu/en/publications/young-learners-teachersquestions-and-prompts-as-opportunities-fo

Taufiq, W., & Santoso, D. R. (2021). Buku Ajar Learning Advanced English Grammar. Umsida Press, 1-129.

Toha-sarumpaet, R. K. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. Jakarta: Buku Obor.

Tompkins, G.E., & Hoskissons, K. 1995. Language Arts: Content and Teaching Strategies (3rd ed.). New York: Mac Millan Publishing Co.

Downloads

Published

2023-01-28