SOSIALISASI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PADA JARINGAN WIRAUSAHA (JAWARA) DEPOK

Authors

  • Khusnul Khuluqi Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Andry Sugeng Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Regina Deia Soeparyono Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28390

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian dari kegiatan ekonomi masyarakat bangsa yang saat ini semakin dikembangkan.Hal itu membuat UMKM semakin menjamur karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar dan dekat dengan masyarakat kecil serta mampu menciptakan lapangan kerja secara langsung bagi masyarakat terutama yang memiliki tingkat pendidikan yang relatif rendah. Persaingan menjadi suatu tantangan dan peluang besar bagi UMKM.Sulitnya menghadapi persaingan tersebut adalah kurangnya pengetahuan mengenai aspek fungsional umum usaha dan pemahaman dalam menganalisa kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunity), dan ancaman (Threats) pada bisnisnya  sehingga penerapan strategi bisnis untuk meningkatkan daya saing tergolong lemah. Permasalahan semacam ini berdampak pada kesulitan pelaku UMKM untuk meningkatkan omset penjualan dan ketika berniat melakukan pengembangan usaha. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini tidak hanya melakukan sosialisasi mengenai strategi bisnis untuk meningkatkan daya saing UMKM namun juga mengajarkan cara penerapannya. Hal ini dilakukan dengan harapan agar para pelaku UMKM dapat menentukan strategi bisnis dengan baik dan tepat sehingga usahanya dapat terus berkembang dan maju.Berkenaan dengan hal diatas, kami bertujuan untuk mengadakan seminar kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok dengan judul Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok. Target luaran berupa jurnal nasional ber-ISSN dan berita pada media massa.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, UMKM

References

Adnan, M. A. (2017). Strategi Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Peningkatan Daya Saing UKM Di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi. 2(2), 78. http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v2i2.277

A, Pearce II Jhon.Richard B. Robinson Jr. (2013).Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Terj. Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat. https://onesearch.id/Author/Home?author=John+A.+Pearce%2C+Richard+B.+Robinson

Anatan, L. (2020). Sosialisasi Strategi Bersaing Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Bandung. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Bismala, L. Handayani, S. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing dan Efektifitas Usaha UMKM Melalui Model Manajemen. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/144

Dewanti, Retno. (2008). Kewirausahaan.Jakarta: Mitra Wacana Media, ISBN: 978-979-1092-61-6. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=124602

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Wirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen E-ISSN: 2615-4978, P-ISSN: 2086-4620) Vol X1 No 2. Juli 2020. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.82

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Published

2023-01-28