MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DI TAMAN BACA PEKAN KARYA (PEKA) PAMULANG

Authors

  • Aryani Aryani Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Andhika Okturi Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Iklimah Tinta Ayu Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Faiz Falahu Romdon Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Ahmad Marjaya Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Bagus Andriyanto Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.30946

Abstract

Pada era modernisasi dan digitalisasi kini telah mewarnai dunia pendidikan. Menghadapi dunia yang serba modern ini tentunya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu langkah yang harus segera dilakukan adalah dalam hal literasi membaca. Literasi membaca memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Indonesia masih berada di peringkat rendah dalam hal membaca. Seperti yang dapat kita lihat saat ini, generasi muda enggan menyempatkan waktunya untuk sekadar membaca beberapa halaman buku. Dalam hal ini, konteks membaca yang dimaksud adalah membaca untuk pemahaman suatu teks. Untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan tenaga pendidik yang juga mendukung dalam hal memahami teks. Dukungan tersebut dapat diwujudkan dengan adanya metode khusus yang dapat digunakan untuk membantu anak-anak dalam memahami suatu teks. Berdasarkan hal tersebut, kelompok PKM ini ingin ikut berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan pemahaman membaca pada anak usia dini, khususnya di Taman Baca Pekan Karya (PEKA) di Tangerang Selatan. Jadi, tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman teks bacaan kepada masyarakat khususnya anak-anak sekitar Taman Baca Pekan Karya (PEKA) di Tangerang Selatan melalui boneka tangan. Subjek penelitian dalam PKM ini adalah masyarakat sekitar  Tangerang Selatan. Pengabdian dilakukan secara tatap muka. 

Kata Kunci : literasi, membaca, boneka tangan

References

Nurgiyantoro, B. (2005) Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatni, E. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta:Bumi Aksara

Cahyani, I dan Hodijah. (2007). Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI PRESS.

Resmini, N. Dadan D, dkk.(2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Kosasih, E. (2006). Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia SLTP. Bandung: CV Pustaka

Sugono, D. (2011). Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Published

2023-06-23