MENUMBUHKAN MINAT ANAK KELOMPOK A RA BAKTI, TELANG, KAMAL, BANGKALAN DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS MELALUI LIRIK LAGU

Authors

  • Tri Pujiati Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura
  • Meria Zakiyah Alfisuma Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura
  • Eka Susylowati Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura
  • Dede Rosyadi ZA Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura
  • Bima Kurniawan Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.30947

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di sekolah RA Bakti, Telang untuk anak kelompok A ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pengajaran bahasa Inggris melalui lirik lagu. Sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh civitas akademika di Program Studi Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura ini dilakukan sebagai upaya untuk berbagi pengalaman dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak di RA Bakti, Telang. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk permainan dan penggunaan media lirik lagu ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak kelompok A sebagai subjek dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023 ini. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di sebuah sekolah di Telang, Kamal, Bangkalan yang dikhususkan untuk anak-anak kelompok A di RA Bakti. Hasil dari kegiatan ini memberikan gambaran bahwa anak-anak kelompok A di RA Bakti Kamal sangat antusias dan semangat untuk belajar bahasa Inggris. Metode kegiatan dengan menggunakan lirik lagu mampu menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari ketertarikan anak-anak untuk mengikuti setiap aktivitas yang diberikan selama kegiatan PKM berlangsung. Ada beberapa lirik lagu yang digunakan selama kegiatan PKM, yaitu lagu ABC Song, Baby Shark, Five Little Ducks, If You’are Happy, Clap Your hands, dan Head, Shoulder, Knees, and Toes. Harapan dari adanya kegiatan PKM ini adalah adanya peningkatan kemampuan dalam mempelajari bahasa Inggris bagi anak-anak kelompok A di RA Bakti,Telang, Kamal.

Kata Kunci : Lirik Lagu, Kelompok A, RA Bakti

References

Aprianti, I., Kurniawan, E. Y.., & Sumadiningrat, E. (2022). “Pemanfaatan Penggunaan Media Lagu pada Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Kampung Besar II Teluk Naga Kabupaten Tangerangâ€. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12113–12122.

Susylowati, E., Alfisuma, M. Z., Pujiati, T., ZA, D. R., & Kurniawan, B. (2022). Pelatihan TOEFL Bagi Mahasiswa Di Pesantren Al-Mashduqie di Kamal Bangkalan. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 282-288.

Inawati. 2018.†Prinsip dan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Pra-Sekolah.†Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume II No. 1, Mei 2018.

Manurung, Sulastri & Yana, Dewi. 2018. “Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Untuk Siswa SD Kavling Serojaâ€. Minda Baharu, Volume 2, No. 2 Desember 2018

Nurhayati. 2009. “Developing English Skills through Songs and Musicâ€, The 2009 UAD

Suwartono & Rahadiyanti, Dewi Puji. 2014. “Penggunaan Media Lagu untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggrisâ€. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Vol.1 No.1 2014.

Suwartono. 2012. “Songs Helped Them Learn the English Connected Speechâ€, International Academic and Industrial Research Solution (Proceedings of International Conference on English Language and Literature). TEFL National Conference (Proceeding).

Wijayanti, Dina Novita. 2016. “Pembelajaran Efektif Bahasa Inggris Melalui Lagu Anak-Anak untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI)â€. Elementary: Vol 4. No1. 2016.

Downloads

Published

2023-06-23