WORKSHOP PENYUSUNAN ACTION PLAN MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL PENGASINAN DEPOK

Authors

  • Chotamul Fajri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sairin Sairin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Program Studi Magister Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.30948

Abstract

Perencanaan pemasaran (Action Plan Marketing) memiliki peranan penting sebagai alat pertahanan di tengah persaingan yang ketat. Perencanaan marketing yang baik akan berisi strategi-strategi inovatif dan kreatif, baik dalam hal pengembangan produk, pemberian harga kompetitif, pendistribusian produk sampai beriklan secara efektif. Action plan tidak hanya digunakan untuk aktivitas personal saja, bahkan dokumen ini juga bisa digunakan pada situasi profesional yang lebih besar. Misalnya untuk menangani project management. Dokumen ini memudahkan Anda untuk memantau jalannya produksi proyek, termasuk performance karyawan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan di Pesantren Alwafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok adalah untuk Memberikan pendampingan para tim Marketing  terkait penyusunan Actio plan. Maka dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  ini diharapkan Tim Marketing bisa komitmen dengan perencanaan dan action yang baik, yang menjadi sasaran Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah para Tim Marketing   di Pondok Pesantren Al Wafi IBS tepatnya di Jl. Pengasinan, Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Depok. Jawa  Barat. Pendampingan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan    evaluasi.

Kata Kunci : Action  Plan Marketing, AL Wafi Islamic Boarding School

References

Jeff Davidson, Manajemen Waktu, Andi offset, 2001

Royan, Frans. (2006). Time table for Marketing Plan. Penerbit Cv. Andi Yogyakarta.

Fajri, C., & Susanto, S. Sairin, & Tarwijo.(2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., Fajri, S., Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Downloads

Published

2023-06-23