PENYULUHAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA PADA SISWA BEC CILANDAK TIMUR JAKARTA SELATAN

Authors

  • Ananda Hadistia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ardi Bachtiar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Indri Kharisma Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.30968

Abstract

Kebutuhan manusia dalam ilmu ekonomi bisa dikatakan tidak terbatas. Semua keinginan mudah sekali terealisasi. Kondisi ini tentunya tidak akan bisa terwujud tanpa adanya tata kelola yang baik. Mengatur keuangan seseorang dengan cara memperioritaskan antara kebutuhan primer, skunder, dan tersier. Oleh sebab itulah pada PKM ini akan diberikan penyuluhan mengatur keuangan sederhana bagi anak, khususnya anak dalam usia sekolah (pelajar) di BEC Cilandak Timur Jakarta Selatan. Alasannya, dengan mengatur keuangan seseorang bisa memperioritaskan antara kebutuhan primer, skunder, dan tersier. Masalah keuangan siswa berikutnya adalah susahnya untuk menabung dan melakukan investasi dengan uang jajan bulanan. Dengan status siswa yang dimiliki terkadang membuat siswa berpikir santai dan merasa masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan masa depan sehingga merasa tidak perlu rajin menabung.Padahal kebiasaan dari usia muda inilah yang akan menentukan kesuksesan finansial mereka saat dewasa nanti. Oleh sebab itulah pada PKM ini akan diberikan penyuluhan mengatur keuangan bagi anak, khususnya anak dalam usia sekolah (pelajar). Pengelolaan keuangan sederhana pada siswa di BEC Cilandak Timur Jakarta Selatan mendapatkan hasil yang sangat baik. Siswa lebih peka terhadap diri dan ke mulai dapat mengambil sikap untuk menentukan apasaja yang harus diraih dan ditempuh untuk mewujudkan rencana keuangannya tersebut, meski belum terkondidikan dengan baik, mereka mampu memberikan pemaparan akan perncanaan keuangannya di masa mendatang.

Kata Kunci : Keuangan, Pengelolaan, Penyuluhan

References

Anderson, R., & Joanna, K. (2009). Equity in Health Service, Emperical Analysis. Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Armereo, C., Marzuki, A., dan Seto, A. A. (2020). Manajemen Keuangan (N. L. Inspirasi (ed.); Pertama). Nusa Litera Inspirasi.

Astuty, A. E. (2019). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Sistem Pengendalian Internal, Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas, dan Peran Perangkat Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Desa se-Kecamatan Muntilan). Skripsi. Magelang: Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dadang Prasetyo Jatmiko. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Diandra Kreatif. Yogyakarta.

David Wijaya, (2017). “Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannyaâ€. Jakarta: PT. Grasindo.

Dessler., Gary, “Manajemen Sumber Daya Manusia, human Resource Management 7eâ€, Penerbit Prenhallindo, Jakarta, 1997

Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6919

Herlina. (2013). Perkembangan Masa Remaja (Usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2013.08.014

Irfani, A. S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis : Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama.

Nasrudin, M. (2017). Perkembangan Remaja. Journal Institutional Repository of IAIN Tulungagung (IRIT).

Notoatmodjo, S., 2014, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Manullang, (2004), Manajemen Personalia, Edisi 3, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purba, Dewi Suryani dkk, (2021) Manajemen Usaha Kecil dan Menengah, Yayasan Kita Menulis

Riski, T. R., Sulistianingsih, H., & Masruri. (2019). Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta X dikota Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.31317

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Widiyatnoto, E. (2013). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Smkn 1 Wonosari Dan Smkn 2 Wonosari. Pendidikan.

Yuangga, K. D., & Jasmani, J. (2020). The Influence of Self Control and Economic Literacy on Student Lifestyle (at Madrasah Aliyah Islamiyah Ciputat). PINISI Discretion Review. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i2.13244

Yuangga, K. D., Jasmani, J., Irmal, I., Supiyan, D., & Rostikawati, D. (2020). Menumbuhkan Kebiasaan Hidup Cermat Dengan Memanfaatkan Celengan di Lingkungan Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i2.3985.

Downloads

Published

2023-06-23