EDUKASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP DUNIA KERJA BAGI PARA SISWA BEC CILANDAK JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.30969Abstract
Kepemimpinan menjadi faktor primer untuk menentukan apakah suatu organisasi mencapai tujuan/misi yang telah ditentukan, dengan sejumlah cara/gaya yang khas yang dapat mempengaruhi keseluruhan proses kegiatan suatu kelompok atau tim. Tanpa kepemimpinan suatu organisasi hanya terdiri dari sekumpulan orang bingung dan mesin-mesin. Gaya kepemimpinan kerap dipandang sebagai modalitas dalam kepemimpinan, yang juga berarti sebagai cara-cara yang disenangi dan dipakai seseorang dalam melaksanakan kepemimpinannya. Masing-masing pemimpin memiliki sifat, kebiasaan/habit, temperamen/watak, maupun pribadi sendiri yang unik dan khas, sehingga pola/tingkah laku maupun gaya akan membedakan seorang pemimpin dengan orang lain. Kepemimpinan transformasional menekankan hubungan timbal balik atasan dengan bawahan yang membuat pengaruh pemimpin dalam melakukan perubahan perilaku bawahannya menjadi seorang yang merasakan kemampuan dan termotivasi tinggi guna mencapai prestasi kerja tinggi serta bermutu. Dalam praktek kebanyakan gaya kepemimpinan trasnformasional lebih efektif dalam meningkatkan budaya bawahan. Edukasi terkait diberikan kepada siswa siswi BEC Cilandak Jakarta Selatan khususnya para siswa siswi, hal ini dimaksudkan agar para siswa siswi dapat menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang akhirnya dapat membentuk budaya dalam organisasi para siswa siswi menjadi berkarakter dan meningkatkan produktivitas kegiatan dalam para siswa siswi BEC Cilandak Jakarta Selatan. Penyuluhan terkait edukasi gaya kepemimpinan dan budaya ini diberikan dalam bentuk program speaker, experience sharing, tanya jawab kondisi nyata yang dihadapi para siswa siswi maupun siswa lain dan bagaimana cara mengidentifikasi serta solusi dari permasalahan nyata yang dihadapi.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Transformasional, BudayaReferences
Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2014) h.167-168 Ibid., 168-169 Bukhari Umar, op. cit. h. 189-192.
Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2014) h. 176.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011) h. 137 Bukhori Umar, op. cit. h. 191 Ahmad Tafsir, op. cit.h. 144-147.
Ahmad Tafsir, Metodoliogi pengajaran Agama Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007) h. 9-10.
Ali, M. (2017). Pendidikan Karkter. Surakarta: Solopos.
Alma. B. (2015), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Cummins. J. (2014), Sales Promotion, Jakarta: PPM.
Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar : Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.
Askar. (2006). Potensi dan Kekuatan Kecerdasan pada Manusia (IQ, EQ, SQ) dan Kaitannya dengan Wahyu. Hunafa, 3, 218.
Asmara, A. (2016). Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan.
Beni Ahmad Saebani, Hendra Akhdhiyat, Ilmu Pendidikan Islam, (bandung: Cv Pustaka Setia, 2009) h. 261.
Beik, I. S., dan Arsyanti. L. D. (2016), Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: AMZAH, 2011) h. 180-181.
Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif: Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yohyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kotler. P., & Amstrong. G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Kotler. P., & Keller. K. L. (2016), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. h. 26
Mullins, J. W., & Walker J. O. C. (2013). Marketing Management: A Strategic.
Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Pratomo T. S, Soejoedono A. R. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti. F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Stanton, W. J. (2012). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: Yohanes Lamarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Swastha. B. (2012), Manajemen Penjualan, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE.
Tjiptono. F. (2014), Pemasaran Jasa, Yogyakarta, Andi.
Tambunan, Tulus. (2014). Perekonomian Indonesia (3 Ed.). Ghalia Indonesia.
Winardi. (1989). Strategi pemasaran. Bandung: Mandarmaju.