SOSIALISASI IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Nurdiyana Nurdiyana Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Sulastri Sulastri Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Setiawati Setiawati Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31138

Abstract

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dengan judul “sosialisasi Profil pelajar pancasila, di SMA Pewaris Peradaban Ciseeng-Bogorâ€. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan soialisasi terkait profil pelajar Pancasila kepada peserta didik di SMA Peradaban Ciseeng-Bogor. Tujuan kegiatan ini ialah Meningkatkan pengetahuan dan konsep tentang profil pelajar Pancasila, Menanamkan nilai-nilai karakter di dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait profil pelajar Pancasila, hal tersebut tergambar dalam proses evaluasi yang diberikan oleh pemateri melalui kegiatan Tanya jawab dengan peserta pengabdian kepada masyarakat. kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan, Evaluasi terkait pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan setelah siswa mampu menerapkan/mengimplementasikan enam dimensi profil pelajar Pancasila pada setiap poinya dengan baik. Indikator keberhasilan kegiatan ini dilihat dari respon positif dari para siswa melalui evaluasi yang diberikan. Evaluasi kegiatan juga dilakukan berupa siswa mengisi kuesioner, terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah diikuti. Luaran yang dihasilkan adalah siswa mampu menerapkan dimensi profilpelajar Pancasila tiap poinya dalam kehidupan sehari-hari dengan konsisten, selain  itu kemampuan pemahaman siswa diperoleh berdasarkan hasil evaluasi terhadap siswa.

Kata Kunci : Profil Pancasila, Implementasi, Pemahaman

References

Sayektiningsih. 2017. “Penanaman Nilai nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten†Jurnal

Manajemen Pendidikan, Vol. 12, No. 2 , Juli 2017, pp. 228-238.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK R&D. Surakarta: Fairus Media.

Thornberg, Robert. 2016. â€Moral and Citizenship Educational Goals in Value Education: A Cross Cultural Study of Swedish and Turkish Student Teachers Preverencesâ€. Teaching and Teacher Education. 55(2016), pp. 110- 121.

Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. Bumi Aksara.

Undang- Undang Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Downloads

Published

2023-05-31