PENERAPAN TEORI ALAN H MONROE DALAM TEKNIK MENDONGENG UNTUK PESERTA DIDIK TPQ NURUSSHOLIHIN PAMULANG

Authors

  • Natalia Endah Hapsari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31144

Abstract

Kehadiran pandemi Covid-19 menampakkan dampak-dampak sampingan terhadap anak-anak dan remaja. Ini terlihat dari gejala-gejala dampak negatif penggunaan gawai yang berlebihan membuat orang tua dan guru kewalahan. Melihat masalah ini, kelompok Pengabdian kepada Masyarakat program studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang pun berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada gawai lewat kegiatan mendongeng. Adapun kegiatan mendongeng dilakukan dalam tiga tahap yaitu aktivitas pradongeng, kegiatan selama dongeng berlangsung dan kegiatan pasca dongeng. Untuk memastikan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, kelompok PKM menerapkan teori Alan H Monroe yang meliputi lima langkah dalam penyusunan pesan, yakni: (a) attention (perhatian), (b) need (kebutuhan), (c) satisfaction (pemuasan), (d) visualization (visualisasi), dan (e) action (tindakan). Hasil dari pengabdian ini, dengan penerapan teknik mendongeng yang tepat, peserta didik merespons dengan baik dan antusias mengikuti kegiatan mendongeng hingga selesai. Keberhasilan dari aktivitas mendongeng itu terlihat dari kemampuan peserta didik menjawab pertanyaan dari pendongeng.

Kata Kunci : Anak, Dongeng, Gawai

References

Abidin, Y. (2022). Strategi Mendongeng Kreatif, Cerdas, dan Edutainmen. Neliti.Com, 12.

Awaliyah, G. (2021, December 19). Ayo, Mendongeng Lagi. Harian Republika, 9.

Dahliana, D., Fauzana Azima, N., Kurniawan, G., & As, F. (2021). PELATIHAN MENDONGENG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. 5(4). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4844

Hoerudin, C. W., Maolani, D. Y., Abdal, & Laksana, M. W. (2020). Komunikasi Pelayanan Publik Perspektif Psikologi Komunikasi.

Nurhayati, Faijin, & Id, S. C. (2019). PENGEMBANGAN PANDUAN TEKNIK MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI ANAK RA/PAUD/TK. 14, 49–56. https://doi.org/10.29408/edc.v14i2.1555

Polina, L., & Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur . Jurnal Solma, 7, 215–224.

Ramadani, A. C. (2021, September 4). Hubungan Sehat dengan Gawai. Harian Republika, 9.

Read, C. (2021, February 17). How to use stories to extend and deepen children’s learning. Cambridge.Org.

Solikah, B., & Widyanuratikah, I. (2021). Fenomena Gunung Es Masa Layar. Harian Republika, 1.

Sulistya, R. (2021, September 4). Kreatif dengan Gawai dan Mainan. Harian Republika, 11.

Downloads

Published

2023-05-31