PELATIHAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DAN IDE KREATIF ANAK-ANAK YAYASAN PONDOK SRUNI

Authors

  • Ulfah Julianti Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Tisa Tamariska Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Tri Anna Rindi Astuti Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Indra Sukma Wijaya Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Fahrizal Fahrizal Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Irfan Maulana Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Ray Prama Gumelar Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31148

Abstract

Yayasan Pondok Sruni merupakan sebuah lembaga sosial masyarakat yang memiliki tujuan membantu masyarakat luas khususnya yatim dan orang-orang yang kurang beruntung secara ekonomi untuk dapat melanjutkan pendidikan. Pada ranah pendidikan terdapat salah satu mata pelajaran wajib yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dipakai sebagai bahasa nasional bangsa Indonesia dan digunakan oleh seluruh warganya dalam berkomunikasi sehari-hari Keterampilan berbahasa memilik empat aspek yaitu terdiri atas menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu aspek dalam keterampilan berbahasa yang dapat meningkatkan daya kreativitas yaitu adalah menulis. Karena dalam menulis, seseorang akan berfikir dan menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan sebagai contoh kegiatannya yaitu adalah menulis puisi. Oleh karena itu, tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu (1) memperkenalkan salah satu penulisan kreatif puisi karya sastra, (2) melatih mitra khususnya anak-anak yayasan dalam menulis puisi, (3) memotivasi mitra beserta anak-anak yayasan untuk senantiasa menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk penulisan puisi, (4) mendorong untuk membudidayakan penulisan puisi sebagai upaya meningkatkan literasi dan ide kreatif.

Kata Kunci : Pelatihan, Menulis, Puisi, Karya Sastra, Ide Kreatif

References

Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. Aksara , 84-99.

Aquariza, N. R. (2016). Teknik Menarasikan Puisi Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pena Indonesia, 175-184.

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 63-68.

Hastoeti, H. P. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Melalui Model Pembelajaran Sugestopedia Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Jiken Tahun Pelajaran 2018/2019.

Istiqoh, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share Di Kelas VII-A MTS Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 22-29.

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Bahasa Menulis Teks Eksposisi.

Murniviyanti, L., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Dampak Baik Penulisan Puisi Untuk Pengembangan Nilai Karakter Berbasis Multikultural DI Sekolah Dasar. JPGI, 801-806.

Narasoma, A. (2022, 11 25). Menulis Dan Membaca Puisi. Retrieved from Suara Sumsel News: https://www.suarasumselnews.co.id/menulis-dan-membaca-puisi/

P, S. R. (2015). Kebijakan Pendidikan Bahasa Indonesia Dalam Perspektif Pendidikan Nasional. Caraka, 3-13.

Putri, F. N. (2019). Pendidikan Karakter Siswa Melalu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 16-24.

Sulistiyowati, E. (2013). Jurnal Penelitian Pendidikan . Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 311-330.

Syarifuddin. (2016). Mengajarkan Membaca Dan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 31-40.

Downloads

Published

2023-05-31