MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA MELALUI MAJALAH ANAK

Authors

  • Iffah Fauziah Rahardy Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Fenny Amalia Putri Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Ladyna Chelsiandra Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Lastri Lina Erliyawati Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Salsabila Mega Yuda Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Sri Luluk Mutholi’ah Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31151

Abstract

Era modernisasi dan digitalisasi kini telah mewarnai dunia pendidikan. Menghadapi dunia yang serba modern ini tentunya diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu langkah yang harus segera dilakukan adalah dalam hal literasi membaca. Literasi membaca memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Indonesia masih berada di peringkat rendah dalam hal membaca. Seperti yang dapat kita lihat saat ini, generasi muda enggan menyempatkan waktunya untuk sekadar membaca beberapa halaman buku. Dalam hal ini, konteks membaca yang dimaksud adalah membaca untuk pemahaman suatu teks. Untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan tenaga pendidik yang juga mendukung dalam hal memahami teks. Dukungan tersebut dapat diwujudkan dengan adanya metode khusus yang dapat digunakan untuk membantu anak-anak dalam memahami suatu teks. Berdasarkan hal tersebut, kelompok PKM ini ingin ikut berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan pemahaman membaca pada anak usia dini, khususnya di Taman Baca Pekan Karya (PEKA) di Tangerang Selatan. Jadi, tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman teks bacaan kepada masyarakat khususnya anak-anak sekitar Taman Baca Pekan Karya (PEKA) di Tangerang Selatan melalui majalah anak. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak-anak di sekitar Taman Baca Pekan Karya (PEKA) Pamulang lebih mudah memahami bacaan, utamanya dalam hal ini melalui majalah anak.

Kata Kunci : Digitalisasi, Membaca, Teks, Majalah

References

Aprinawati, Lilis. 2018. Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 2, No. 1, hlm. 140-147.

Apriyani, Lilis. et. al. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Siswa Kelas VB SDN 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol.2, No. 1.

Hutasoit, Rauli Moria. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Non-Fiksi. Jurnal Educatio, Vo. 7, No. 3, 2021, pp. 960-966

Krismanto, W., dan Khalik, A. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 234-242.

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogykarta: Think Yogyakarta.

Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Sinar Grafika.

Rikmasari, R., dan Lestari M. 2018. Metode Pembelajaran Pq4r dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di Bekasi. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 265-275.

Sari, Yuliana. et. al. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.7, No. 3, p.446-453 (online).

Sukiasih, Made. 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Isi Teks Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research. Vol. 2, No. 2, pp. 106-114.

Tan, P. (2020, Maret 14). Minat Baca Orang Indonesia Paling Rendah di Dunia, Karena Tak Ada Akses dan Kesempatan. Retrieved from konde.co: https://www.konde.co/2020/03/minat-baca-orang-indonesia-paling.html/

Downloads

Published

2023-05-31