CERITA ANAK BERBASIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA, INTELEKTUAL DAN MORAL ANAK

Authors

  • Dewi Yanti Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Wiwin Husnul Hotimah Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Zulfikar Zulfikar Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Nafi’ Kharisma Putri Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Diah Ayu Oktaviani Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Alpin Nur Sidik Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31152

Abstract

Berbagai kasus pada perkembangan anak marak terjadi di masyarakat. Kasus perkembangan anak seperti bahasa, intelektual dan moral adalah hal yang patut menjadi perhatian penting. Kurangnya pemerolehan bahasa dan literasi yang sesuai dengan usianya menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan anak yang berdampak pada bahasa, psikologis dan moralnya. Gagapnya teknologi, media komunikasi yang dialami para orang tua pun menjadi faktor lainnya. Dengan dasar kasus inilah tim PKM melakukan penyuluhan berjudul “Penyuluhan Cerita Anak Berbasis Digital sebagai Upaya Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa, Intelektual dan Moral Anak di Majelis Taklim Al-Hidayahâ€. Pelaksanaan penyuluhan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu: (1) Pembekalan pengetahuan mengenai jenis cerita rakyat yang ada pada media digital; (2) Pembekalan pengetahuan mengenai lima tahapan perkembangan anak dan pemilihan bacaan guna mengembangkan bahasa, intelektual dan pendidikan moral pada anak; dan (3) Pembekalan pengetahuan langkah-langkah sebagai orang tua mendukung perkembangan psikologi anak melalui media bacaan digital. Melalui penyuluhan tersebut didapkan kesimpulan bahwa banyak orang tua yang masih keliru dalam mengasuh anak dalam aspek perkembangan pemerolehan bahasa dan psikologis anak namun materi yang disampaikan direspon dengan positif. Berdasarkan PKM yang telah dilaksanakan, orang tua dapat memulai pola asuh perkembangan berbahasa dan psikologis anak sesuai dengan materi yang dipaparkan.

Kata Kunci : Cerita anak, Cerita digital, Intelektual dan moral, Orang tua, Perkembangan bahasa

References

Alen, Harris Randy. (2021). The Linguistics Wars: Chomsky, Lokaff, and The Bettel Over. UK: Oxford University Press.

Ardiati, R. K. (2018). Peran orang tua dalam perkembangan kepribadian anak usia dini. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 73–79.

Backer, Misha and Deen, Kamil Ud. (2020) Language Acquisition and Development: A Generative Introduction. London: The MIT press.

Conley, J. M., O'Barr, W. M., & Riner, R. C. (2019). Just words: Law, language, and power. University of Chicago Press.

Erika, Nasya Isnaniah, dkk. (2022). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Tumbuh Kembang Anak Usia 3-6 Tahun Di Tk IT Alfia Nur Deli Tua Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling vol 4 no 3. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5081

Hamuni, dkk. (2022) Perkembangan Peserta Didik. Eureka Media: Perbalingga.

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Ugm Press.

Rosenberg, Sheldon & Leonard Abbeduto. (2013). Language and Communication in Mental Retardation (Development, Processes, and Intervention). London: Taylor and Francis.

Shengfu fan, Ying Zhang, Jiangbo Qin, et.al. (2020). Family environmental risk factors for developmental speech delay in children in Northern China. International Jurnal of Scientifific Repost. https:// www.nature.com/articles/s41598-021-83554-w#:~:text=In%20conclusion%2C%20older%20maternal%20age,in%20children%20in%20North%20China

Sistiana, D. (2018). Sastra Anak dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1).

Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.

Susilo. (2021). Psycholinguistics for Students of Language Education. Surabaya: Airlangga University Press.

Wibisono, Hendra, dkk. (2023) Pengantar Teknologi Pendidikan. Pradina Pustaka: Sukoharjo.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 93–107.

Downloads

Published

2023-05-31