PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PERCATURAN DUNIA
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31154Abstract
Bahasa Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928. Kelahirannya termaktub dalam sumpah pemuda. Bahasa Indonesia merupakan saripati dari berbagai bahasa di dunia termasuk bahasa daerah dan bahasa internasional. Bahasa tersebut diserap untuk memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa komunikasi antarpenutur bahasa daerah di Indonesia agar masyarakat dapat berkomunikasi satu sama lain. FUngsi menyatukan antar penutur tersebut menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan tanpa menghilangkan bahasa daerah sebagai bahasa ibu Sebagian besar masyarakat Indonesia. Seriring berjalannya waktu, bahasa Indonesia menghadapi tantangan untuk bisa diterima sebagai bahasa dunia. Banyaknya jumlah penutur bahsa Indonesia tidak menjamin sebuah bahasa dapat diterima sebagai bahasa Internasional. Sebuah bahasa perlu dipahami dan digunakan oleh bangsa lain sehingga bukan hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia saja. Melalui UU No 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan Perpres nomor 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia pemerintah mengatur penguatan bahasa Indonesia dalam hal penggunaan, pengayaan, tujuan, dan sebagainya. Bahasa Indonesia menjadi hal yang wajib dipelajari dan wajib digunakan dlaam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam rapat, pembelajaran, acara keagamaan, budaya komunikasi dan sebagainya. Peran anak muda dibutuhkan agar mau menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Anak muda diharapkan tidak malu menggunakan bahasa Indonesia di tengah arus global. Sudah saatnya bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa internasional seperti cita-cita leluhur bangsa Indonesia. Pengabdian ini dilakukan guna menyadarkan pentingnya mempelajari dan menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Pengabdian ini dilakukan di SMK Insan Madani Tangerang. Metode yang digunakan yaitu diskusi dan ceramah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemauan kuat dalam mempelajari dan menguasai bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Bahasa Indonesia, BIPA, Bahasa Internasional
References
Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.
Arifin, E. Z., dan Amran T. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Cetakan keduabelas. Jakarta: Akademika Presindo
Arifin, E. Z, dan Amran T. (2015). Bahasa Indonesia sebagai MataKuliah Pengembangan Kepribadian. Cetakan kelima. Tangerang: Pustaka Mandiri
Arifin, E. Z, Wahyu Widodo, dan Somadi Sosrohadi. Bahasa Indonesia Akademik: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Tangerang: Pustaka Mandiri
Aryani, M. P. N., & Mubarok, Z. (2022). The Influence of Novel Competence towards Teenagers ‘Development in South Tangerang. KIBAR 2020: Proceedings of the 1st Konferensi Internasional
Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, KIBAR 2020, 28 October 2020, Jakarta, Indonesia, 189.
Collins, J.T. 2011. Bahasa Melayu Bahasa Dunia Sejarah Singkat. Jakarta: Obor Pustaka
Martaulina, S. D. (2018). Bahasa Indonesia Terapan. Deepublish.
Nursalim, M. P. (2016). Penggunaan Bahasa Asing Di Area Publik. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Nursalim, M. P., Aryani, A., & Hayati, E. (2020). Bahasa Indonesia. Unpam Press
Surono. 2009. Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Semarang: Fasindo
Triadi, R. B., Hapsari, N. E., & Nursalim, M. P. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif Berbasis Media Populer Pada Alumni Sastra Indonesia di Lingkungan Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 64-72.
Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203