PENGEMBANGAN UMKM MELALUI SOSIALISASI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM CUMA SATU CURUG MAJU DAN BERSATU
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31179Abstract
Strategi bisnis merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis atau usaha baik dalam skala besar maupun kecil termasuk UMKM, karena dengan memiliki strategi bisnis maka pengusaha atau pemilik dapat meningkatkan daya saing untuk usaha yang sedang dijalankannya. Salah satu cara dalam menjalankan strategi bisnis yaitu melalui pendekatan analisis SWOT, dimana pelaku UMKM harus mengetahui Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oportunity (Peluang) dan Threats (Ancaman) dari usaha yang mereka jalankan.
UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang mandiri, biasanya dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiki, dikendalikan, atau menjadi bagian secara langsung atau tidak langsung. Pelaku usaha usaha dalam kegiatan ini yaitu pelaku usaha yang ada dikelurahan curug kecamatanbojongsari kota depok, yang tergabung dalam UMKM Cuma Satu Curug Maju dan Bersatu.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk menganaliis dan menentukan strategi bisnis yang tepat serta mengimplementasikan strategi bisnis tersebut untuk meningkatkan penjualan UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini yaitu terkait dengan ketidakmampuan pelaku UMKM dalam menentukan strategi bisnis yang baik dan tepat. Pelaku UMKM berdalih tidak mempunyai ilmu berkaitan dengan menganalisis strategi bisnis yang baik dan tepat. Sehingga dengan adanya kegiatan mengenai sosialisasi strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan UMKM ini dapat memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam menentukan strategi bisnis yang tepat pada pelaku usaha serta langsung dapat diterapkan dalam usahanya.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Analisis SWOT, UMKM
References
Adnan, M. A. (2017). Strategi Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Peningkatan Daya Saing UKM Di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi. 2(2), 78.
http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v2i2.277
A, Pearce II Jhon. Richard B. Robinson Jr. (2013).Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Terj. Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
https://onesearch.id/Author/Home?author=John+A.+Pearce%2C+Richard+B.+Robinson
Anatan, L. (2020). Sosialisasi Strategi Bersaing Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Bandung. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2020 (SNPPM-2020). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Bismala, L. Handayani, S. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing dan Efektifitas Usaha UMKM Melalui Model Manajemen. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/144
Dewanti, Retno. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media, ISBN: 978-979-1092-61-6.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=124602
Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia.
Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Wirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen E-ISSN: 2615-4978, P-ISSN: 2086-4620) Vol X1 No 2. Juli 2020.
https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.82
Muslimin,. Zainudin, Z,. Saputra. M.K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha UMKM Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business. Vol. 3. No. 2
https://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/sjeb/article/view/338
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.