PELATIHAN UKBI UNTUK OPTIMALISASI KETERAMPILAN BERBAHASA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Authors

  • Alien Kurnia Warya Selia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31180

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk sarana memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat yang di sini adalah mahasiswa. Pelatihan ini mengajarkan mahasiswa untuk memiliki kemahiran berbahasa. Sebagai calon pendidik, setiap mahasiswa diharapkan untuk memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan berbicara. Untuk mengukur keempat keterampilan tersebut bisa dengan melalukan “Uji Kemahiran Berbahasa Indonesiaâ€. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan cara mengumpulkan beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia untuk mengikuti pelatihan UKBI yang bertempat di Lab. Sastra dan Drama Gedung FKIP Universitas Borneo Tarakan. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara luring dan berlangsung selama satu hari. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh adalah; (1) mahasiswa mendapatkan materi mengenai Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Materi tersebut adalah yang diujikan dalam tes UKBI, diantaranya mengenai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), teknik-teknik dalam membaca, dan cara untuk bisa berbicara dengan baik melalui topik-topik atau isu-isu terkini, (2) mahasiswa mengetahui tingkat kemahiran berbahasa mereka dengan mengikuti tes UKBI.

Kata Kunci : Keterampilan Bahasa, Pelatihan, UKBI

References

Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemelajar BIPA Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13.

Mendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 Tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indinesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rachman, R. S., & Damaianti, V. S. (2019). Literasi Masyarakat Indonesia Dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi). Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-05-31