PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK SASMITA JAYA PAMULANG, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Fadillah Fadillah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sulistiyani Sulistiyani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ela Hulasoh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31182

Abstract

Masa remaja adalah waktu yang tepat untuk mendapatkannya pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan. Melalui pelatihan digital marketing para siswa diharapkan mampu membuka peluang usaha dengan mandiri dan berkesinambungan yaitu dengan berwirausaha. Sehingga, ada peningkatan intensi berwirausaha untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sasmita Jaya, Pamulang. Pelatihan digital marketing memberikan keterampilan khusus pada siswa, sehingga dapat mengelola keterampilannya sebagai sumber kehidupannya. Menumbuhkan jiwa berwirausaha pada siswa akan mengurangi tingkat pengangguran, karena setelah lulus dari sekolah diharapkan siswa mampu merintis usaha sendiriDigital marketing merupakan suatu bentuk program mempromosikan atau memasarkan sebuah produk dan merk dengan menggunakan media digital. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan juga pengguna internet sehingga internet menjadi sebuah market yang sangat prospektif. Digital marketing merupakan solusi untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dengan dana yang sedikit. Kehadiran teknologi saat ini merupakan peluang bagi para siswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dengan gadget yang dimiliki akan menjadi pemasaran yang paling ampuh dalam menggapai pangsa pasar konsumen yang lebih luas. Oleh Karena itu berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahuai seberapa pengarunya terhadap minat berwirausaha karena pengetahuan digital marketing (Istiqomah, 2021).

SMK merupakan salah satu bagian dari sistem pendidikan diharapkan dapat menghasilkan  lulusan yang berkompeten dalam bidangnya, SMK membekali siswanya untuk bisa bekerja secara mandiri dan terampil. Bekal yang di dapat oleh siswa selama proses pelatihan digital marketing diharapkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha. Sehingga, siswa lebih mandiri dan mampu menghadapi para pesaing di masa depan (Munarsih, n.d.). Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan dari tahun ke tahun, hingga telah mencapai lebih dari 130 juta pengguna di tahun 2017, yang didominasi oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada desktop pc. Pelatihan digital marketing membantu siswa untuk memahami implementasi digital marketing yang paling efektif dan efisien atau selaras dengan tujuan bisnis yang diharapkan. Digital marketing tidak lagi menjadi sesuatu yang membingungkan, karena semua yang dilakukan dapat dijalankan sendiri dan diukur kinerjanya. Dari hasil analisa tersebut, para siswa yang mengikuti pelatihan digital marketing dapat belajar untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam berwirausaha

Berangkat dari analisis situasi tersebut di atas, maka kemudian dilakukan pengabdian oleh tim pengabdi dari Universitas Pamulang terkait peningkatan pemahaman praktik digital marketing untuk meningkatkan intensi berwirausaha siswa SMK Sasmita Jaya Pamulang. Sebagai upaya untuk membangun upaya dan mendorong motivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki oleh para siswa – siswi akan potensi berwirausaha yang dimiliki dan juga meningkatan kompetensi literasi digital terkait marketing. Dalam pengabdian ini akan terjadi transfer pengetahuan, keterampilan dan penguasaan teknologi kepada para peserta didik sehingga peserta didik menjadi berdaya atau memiliki kekuatan untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Melalui pengabdian ini maka diharapkan para siswa-siswi SMK Sasmita Jaya Pamulang akan mampu mengembangkan usaha dan melakukan pemasaran secara digital. Metode yang diterapkan pada pelaksanaan program kegiatan PKM ini adalah pemberian materi dan pelatihan Ipteks kepada berupa teori dan contoh dalam melaukan praktik pemasaran digital guna mengembangkan usaha dengan strategi digital marketing. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode pelatihan komprehensif yaitu melatih secara keseluruhan peserta didik.

Kata Kunci : Digital Marketing, Intensi Wirausaha.

References

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S., Thaharudin, T., & Purnomo, B.

Y. (2020). Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1), 105-110.

Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo, B., Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020). Progam Pendampingan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Pada Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009. Kel Giri Peni. Kec

Wates. Yogyakarta. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 71-75.

Pasaribu, V. L. D., Jannah, M., Fazar, M., Putra, S. P., Monalisa, M., & Sofa,

M. (2021). Meningkatkan Produktivitas Usaha Dimasa Pandemi pada Ibu PKK RT 004/003 Kelurahan Sawah Baru Ciputat, Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295- 301.

Pasaribu, V. L. D., Yuniati, H. L., Pranata, R., Sembayu, R., Purba, S. M., &

Nurbayani, T. T. A. (2021). Manajemen Keuangan Untuk Menghadapi dan Bertahan di Era Covid 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 12-18.

Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). Evaluasi Penerapan 3M Dimasa Pandemic Covid 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60.

Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). Pengaruh Displin Protokol Kesehatan Terhadap Pencegahan Penularan

Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 91-98.

Pasaribu, V. L. D., Septiani, F., Rahayu, S., Lismiatun, L., Arief, M., Juanda, A., ... & Rahim, R. (2021). Forecast Analysis of Gross Regional Domestic Product based on the Linear Regression Algorithm Technique.

Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. (2020). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 356-35.

Pasaribu, V. L. D., Priadi, A., Anismadiyah, V., Rahayu, S., & Maduningtias, L. (2021). Penyuluhan Kreatif dan Inovatif Meningkatkan Mutu Produksi UMKM di Desa Belega Kabupaten Gianyar. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).

Pasaribu, V. L. D., Hidayati, N., Kamilah, N., Akhna, A. P., Sari, I. I., & Pratama, D. H. (2022). Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga Kepada Ibu PKK Rt 004 Rw 003 Kelurahan Sawah Baru Ciputat, Tangerang. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 3(2), 7-14.

Pasaribu, V. L. D. (2021). Pelatihan Berbasis Online Di Era Covid-19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(3), 26-32.

Pasaribu, V. L. D., & Setyowati, R. (2021). Adaptasi Kehidupan New Normal Pada Masa Pandemi Covid-19 Diyayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Nurul Ikhsan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 82-88.

Pasaribu, V. L. D., Fitiryani, B., Fauziah, N., Syaharani, P. N., Saputri, R. I., & Nasyadilla, R. P. (2022). Perpustakaan Dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Anak Remaja. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 352-361.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

https://www.academia.edu/download/733 57934/5.pdf

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/download/4908/2675

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_ anak_usia_dini

https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/a rtikel/mengapa-paud-penting- bagi-perkembangan-anak/

Downloads

Published

2023-05-31