PENINGKATAN GERAKAN LITERASI SISWA DI PONDOK PESANTREN SERUNI SAWANGAN DEPOK

Authors

  • Zulfardi D Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i2.31188

Abstract

Pondok Pesantren Seruni  di Sawangan Depok adalah sebuah institusi pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Seruni  yang sekarang memiliki jumlah siswa 40 orang terdiri dari siswa Sekolah Dasar 12 Orang. Sekolah Menengah Pertama 6 Orang, Sekolah Menengah Atas  8 Orang. Madrasah Aliayah 4 Orang. Perguruan Tinggi 5 Orang. Guru dan Pegawai 5 orang  Semua santri mondok pada sore dan malam harinya diberi pengetahuan Pendidikan Agama Islam yang difokuskan kepada Aqidah, Syariah, ibadah dan Keterampilan Membaca Kitab Suci. Di luar kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama para santri juga diberi Pendidikan keterampilan adovokasi ldan ekstrakulrikuler.  Berkaitan dengan Pendidikan Advokasi,  pembinaan literasi siswa  belum dilaksanakan secara terarah dan maksimal. Terdorong oleh kondisi tersebut maka dipandang perlu untuk melakukan pelatihan terhadap para santri dalam usaha meningkatkan kemampuan literasi untuk menunjang tercapainya hasil pembelajaran yang baik.  Kegiatan  PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 22 dan 23 Oktober 2022 bertempat di Pondok Pesantren Seruni    Sawangan Depok. Secara umum, hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan perubahan perilaku sikap dan pengetahuan  siswa tentang literasi, dengan nilai persentase 68% untuk pemahaman siswa awal dan 86% untuk pemahaman siswa akhir. Setelah mendapatkan pelatihan ini, siswa diharapkan mampu memiliki kemampuan literasi  yang baik.

Kata Kunci : Literasi Siswa, Literat

References

Arbai, Jazimatul Husna. (2016). Menciptakan lingkungan literasi di rumah dan sekolah yang menyenangkan. Dalam Moch. Mursyid(Ed.). Membumikan gerakan literasi di sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata bekerjasama dengan Pustaka Nun & Azyan Publishing.

Astuti, Muliana Fauziyah. (2013). Pengaruh kedisipilinan belajar dan minat baca terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA SMAN Sukoharjo. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Hal. 4-5.

Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

_______. (2016). Design Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Pemanfaatan dan pengembangan sudut kelas dan area baca sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Faizah, Dewi Utami dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Hamid, Abdulloh. (2017). Developing Reading Culture of Madrasah and Pesantren in Surabaya City through Literacy volunteer Student Program. Vicratina. Vol (1). No. 2, hal. 50.

Setiawan, Rossie. (2016). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Satgas Gerakan Literasi Sekolah Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Downloads

Published

2023-05-31