SOSIALISASI CARA MELAKUKAN PUBLIKASI DI JURNAL ILMIAH UNTUK MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Authors

  • Tri Pujiati Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura
  • Meria Zakiyah Alfisuma Program Studi Sastra Inggris, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.35925

Keywords:

Jurnal Ilmiah, Sosialisasi, Program Studi Sastra Inggris

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada mahasiswa di program studi Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura terkait cara publikasi jurnal ilmiah melalui website sesuai dengan bidang ilmu yang diteliti. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui kegiatan zoom meeting pada bulan Juli 2022 pada saat mahasiswa sedang libur semester.  Sosialisasi terkait dengan cara publikasi jurnal sangat diperlukan bagi peserta kegiatan yang terdiri dari mahasiswa semester 5 ke atas dengan jumlah lebih dari 50 peserta. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan mahasiswa dalam memilih dan mempublikasikan artikel ke dalam jurnal ilmiah. Kegiatan yang dikemas dengan cara unik dan menarik ini diharapkan mampu meningkatkan keinginan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya ke dalam jurnal ilmiah secara online. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa juga merasa tertarik dan senang dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Tidak hanya itu, mereka juga antusias menyampaikan pertanyaan kepada narasumber terkait publikasi karya ilmiah melalui jurnal ilmiah.

References

Nababan, K.R. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional Untuk Mahasiswa PPKn Universitas Kristen Satya Wacanaâ€. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 02 No. 03 April (2022), 504-513.

Putut, M, dkk.†Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakatâ€. ABDIMAS Vol. 17 No. 2, Desember (2013), 111-116.

Slameto, "Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas". Scholaria, Vol. 6 No. 2, Mei (2016): 46-57.

Susylowati, E., Alfisuma, M. Z. ., Pujiati, T. ., ZA, D. R. ., & Kurniawan, B. (2022). Pelatihan TOEFL Bagi Mahasiswa di Pesantren Al-Mashduqie di Kamal BANGKALAN.

Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 282-288. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.93

Suyatno, S., Tri Pujiati, T. P., Didah Nurhamidah, D. N., & Lutfi Syauki Faznur, L. S. F. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: (Membangun Karakter Mahasiswa melalui Bahasa). (2014).

Downloads

Published

2023-10-19