PELATIHAN PEMBUATAN POSTER DIGITAL DALAM BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA DI KAMPUNG NELAYAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA LABUHAN, SRESEH, SAMPANG, MADURA

Authors

  • Zulkhaeriyah Zulkhaeriyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Tri Pujiati Universitas Trunojoyo Madura
  • Masqotul Imam Romadloni Universitas Trunojoyo Madura
  • Ifan Rizky Kurniyanto Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.35927

Keywords:

Kampung Nelayan, Poster Digital, Promosi, Pelatihan Bahasa Inggris, Pengembangan Wisata

Abstract

Kampung Nelayan yang berlokasi di desa Labuhan, Sreseh merupakan salah satu kampung di wilayah Sampang, Madura. Kampung Nelayan masih belum memiliki akses promosi yang baik untuk memperkenalkan kekayaan alam yang dimiliki sehingga dikenal masyarakat luas. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya media informasi kepada masyarakat sehingga kekayaan alam yang terdapat di kampung nelayan belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai edukasi untuk membuat poster digital sebagai media promosi untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam 3 tahapan yaitu (1) identifikasi dan pengembangan kelompok mitra, (2) pelaksanaan program pelatihan pembuatan poster digital dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan (3) evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk pelatihan poster digital serta pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kegiatan pertama dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan poster digital. Kegiatan kedua dilakukan dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai upaya untuk memberikan edukasi dalam menulis poster dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil dari Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Nelayan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata yang ada.

References

Anung, W. (2015). Perancangan Media Promosi Pariwisata Kabupaten Jepara. Semarang. Seni Rupa Konsentrasi DKV S1; Universitas Negeri Semarang.

Efwinda, Shelly. (2022). “Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswaâ€. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 6, No. 3, Desember 2022 ISSN 2598-6147 (Cetak) ISSN 2598-6155 (Online).

Farizi, Fadil Jalaluddin & Oemar Eko Agus. (2021). Perancangan Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Situbondoâ€. Jurnal Barik, Vol. 2 No. 3, Tahun 2021, 138-147 e-ISSN: 2747-1195 138https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Kurniyanto, Prastika, Arifiyanti. (2023). Strategi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Desa Keleyan, Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience. Vol 3(3) Tahun 2023

Nyongky, A. F. M. (2013). Perancangan Media Promosi Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Timur. Yogyakarta. Pendidikan Seni Rupa; Universitas Negeri Yogyakarta.

Suwarno. (2011). Perancangan Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang dalam Bentuk Poster. Semarang. Desain Komunikasi Visual; Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2023-10-19