PELATIHAN PEMBUATAN TELUR ASIN PEDAS DI DESA TANJUNG KESUMA KECAMATAN PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR

Authors

  • Diah Reni Asih Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan,Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Rohmatul Anwar Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan,Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Dwi Subakti Prastiyo Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan,Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Riris Ridha Anisa Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan,Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.35971

Keywords:

Pelatihan, Inovasi, Telur Ayam, Telur Asin Pedas, Tanjung Kesuma

Abstract

Desa Tanjung Kesuma merupakan salah satu sentra budidaya ayam petelur. Produk yang dihasilkan dari budidaya tersebut yaitu berupa telur ayam. Telur memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Namun telur memiliki kekurangan yaitu tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama, telur asin adalah salah satu pengolahan yang dapat menambah daya simpan dan tidak mengurangi kandungan gizinya. Tujuan kegiatan kegiatan Pengabdian ini yaitu melakukan pelatihan pembuatan telur asin. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual telur dan daya simpan. Pengolahan telur menjadi telur asin memiliki nilai jual yang meningkat dan daya tahan simpan semakin bertahan lama. Dalam kegiatan ini metode yang digunakan adalah sosialiasasi dan penyuluhan, pelatihan dan demontrasi pembuatan telur asin. Kegiatan berlangsung pada tanggal 3 Januari 2023. Pembuatan telur asin pedas dengan menggunakan bahan dasar telur, garam serta bumbu dapur (bawang, cabe dan sereh) dengan pemeraman selama 10-14 hari. Berdasarkan hasil pelatihan menunjukkan respon peserta ibu-ibu PKK yang baik, berupa diskusi yang cukup menarik, serta semua peserta terlibat dalam praktek pembuatan telur asin pedas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu peserta lebih memahami tentang inovasi pembuatan telur asin menggunakan metode rendaman air garam dan bumbu dapur.

References

Indriastuti, A.T.D., Y.Buyang, dan D.Muchlis. 2013. Pembuatan Telur Asin Ayam Ras dengan Pengeraman Lumpur Pantai dan Uji Citarasa Putih Telur Asinnya. Jurnal Agricola 3(1) : 19-25.

Prihantari, Dkk. 2010.Pengaruh Lama Perendaman Abu Pelapah Kelapa terhadap Sifat Fisik, Organoleptik, Daya Simpan dan Kadar Kalsium Telur Asin. Yogyakarta: Poltekes Yogyakarta Press.

Ramli, I dan N.Wahab. 2019. Teknologi Pembuatan Telur Asin dengan Penerapan Metode Tekanan Osmotik. Jurnal Teknologi ILTEK 15(02) : 82-86.

Sarwono, B. 1994.Pengawetan dan Pemanfaatan Telur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sirait, C.H. 1986. Telur dan Pengolahannya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.

Warsono. 2005. Membuat Telur Asin Aneka Rasa. Jakarta : Agro Media Pustaka.

Winarno FG. 2002. Telur, Komposisi, Penanganan dan Pengolahannya. Jakarta : M.Brio Press Bogor.

Yuniati. 2011. Efek Penggunaan Abu Gosok dan Serbuk Bata Merah pada pembuatan Telur Asin Terhadap Kandungan Mikroba dalam Telur. PGM 34(2) : 131-137.

Downloads

Published

2023-10-19