KEGIATAN UNJUK KERJA MELALUI POTENSI LOKAL DI DESA PAGALUYON KECAMATAN SEMBAKUNG ATULAI KABUPATEN NUNUKAN

Authors

  • Muhammad Ilham Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Borneo Tarakan
  • Iva Ani Wijiati Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Borneo Tarakan
  • Muhammad Hamdani Jurusan Teknik Mesin, Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.35984

Keywords:

Unjuk Kerja, Pengembangan, Potensi Lokal

Abstract

Tujuan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi ke Masyarakat dan membantu dalam pengembangan potensi di desa pagaluyon kecamatan sembakung atulai kabupaten nunukan. prosedur ini pula yang kami lakukan dalam program saat ini yang diawali dengan observasi dan diskusi dengan berbagai pihak; pemerintah kabupaten, PPMD (Program Pemberdayaan Masyarakat Desa), aparat desa, dan warga masyarakat terkait dengan hal yang bisa digali, permasyalahan, dan pengembangan serta pemberdayaan masyarakat di bidang Pendidikan, Kesehatan, Hukum, Pertanian, dan Ekonomi di desa tersebut . Kemudian semua hasil diskusi ditampung oleh peserta untuk dipetakan menjadi program kerja unggulan dengan urgensi terkait kebutuhan masyarakat dan pemberdayaan sumber daya manusia di desa tersebut. kegiatan unjuk kerja melalui potensi lokal di Desa Pagaluyon Kecamatan Sembakung Atulai Kabupaten Nunukan dapat berjalan sesuai target kegiatan awala. Namun kegiatan ini dibutuhkan keberlanjutan agar potensi lokal dalam daerah tersebut benar-benar muncul dan dapat dipahami dan dimanfaatkan oleh Masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, Masyarakat sehat, dan lingkungan yang nyaman.

References

Abdullah, Piter dkk. (2002) Daya Saing Daerah: Konsep dan Pengukurannya di Indonesia. Yogyakarta, BPFE.

Masruroh, Nikmatul & Agung Pramono. 2018. Menggali Potensi Desa Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Surabaya: Jakad Publishing.

Nain, Umar. 2017. Relasi Pemerintah Desa dan Supra Desa dalam Perencanaan dan Penganggaran Desa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutaryono, dkk. 2014. Pengelolaan Aset Desa. Yogyakarta: Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD).

Downloads

Published

2023-10-19