PENYULUHAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NUR ASSOLIHAT DAN PONPES AL-HUSAINY MELALUI BISOKOP KELILING

Authors

  • Misbah Priagung Nursalim Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Subarto Subarto Program Pascasarjana, Universitas Pamulang
  • Ichwani Siti Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36090

Keywords:

Pendidikan Karakter, Film, Bioskop Keliling

Abstract

MTs Nur Assolihat (Ponpes Al-Husainy) memfokuskan diri dari totalitas belajar tentang ketaqwaan, keterampilan dan pendidikan. Ketiga hal itu merupakan harapan umat islam Indonesia dalam membangun masyarakat dan peradaban islam pada masa mendatang. Selain itu, fokus tersebut juga membentuk tatanan masyarakat Indonesia yang harmonis dan mempunyai integritas moral yang tinggi. Program pendidikan penguatan karekter dengan mengintegrasi mobil bioskop keliling dipilih karena dianggap penting dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada santri dengan pendekatan pemebelajaran yang berbeda. Sebagian Pengetahuan dan pembelajaran pendidikan karakter merupakan bekal mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat besosialisasi dengan masyarakat atau untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan mendapatkan penguatan karakter tersebut diharapkan dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 8-9 Maret 2020 di Pondok Pesantren dan MTs Nur Assolihat Tangerang Selatan.  Metode yang digunakan yakni menggunakan pendekatan psikologis menggunakan media film. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa santri dapat memahami nilai dan karakter baik yang dapat diambil dari pesan film tersebut.

References

Ahmadi, A dan Nur U. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendy, H. (2009). Mari Membuat Film. Jakarta: Erlangga.

Fatchul, M. I. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. CV. Alfabeta.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A dan Dian A. (2010). Pedidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama,

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba humanika.

Miftah, Z. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Onong Uchjana, E. (2008). Dinamika Komunikasi PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Pratista. (2009). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Retno, L. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif. Jakarta: Esensi.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter W awasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Semiawan, C.R. (2009). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT.Indeks.

Yahya, K. (2010). Pendidikan karakter berbasisi Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publising.

Downloads

Published

2023-10-19