KEGIATAN EKSPERIMEN SEDERHANA DALAM RANGKA MENARIK MINAT ANAK TERHADAP KIMIA DI PERPUSTAKAAN DESA PELAWAD, KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG-BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36091Keywords:
Eksperimen Sederhana, Minat, KimiaAbstract
Kemampuan psikis anak seringkali dikesampingkan dan lebih mementingkan perkembangan fisik. Padahal perkembangan psikis perlu dipersiapkan sejak dini karena jika kondisi kesiapan mental yang kurang akan menghambat proses pembelajaran. Salah satu kemampuan psikis tersebut adalah anak memiliki minat terhadap suatu hal. Minat anak dapat diarahkan pada berbagai bidang, salah satunya pada sains. Kimia yang merupakan bagian dari ilmu sains memang indah dan menarik, tetapi faktanya minat anak-anak terhadap sains masih sangat minim, serta pemebelajaran berbasis eksperimen kimia di sekolah di sekitar Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang masihlah sangat rendah. Oleh karena itu, dilakukanlah kegiatan eksperimen sederhana dalam rangka menarik minat anak usia 6 – 11 tahun terhadap kimia. Hal ini merupakan satu langkah nyata dalam memperkenalkan bahan-bahan kimia yang berada disekitar anak-anak, sehingga anak-anak akan semakin tertarik terhadap kimia atau sains. Telah dilakukan tiga percobaan tentang kimia yakni pengujian kandungan vitamin C, penggunaan indicator alami kol ungu, dan membuat lampu lava. Hasilnya minat dan pengetahuan peserta meningkat dari 55% dan 62,5% menjadi 82,5%.
References
Roostin, E., Swandhina. M. Analisis Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Berbasis Karakter di TK Arasy Kabupaten Sumedang. 2019; 5(2): 2581-0413.
Roostin, E. Peningkatan Minat Belajar Dan Sikap Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Masa Pandemi Covid 19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak. 2020, 2 (01), 1-13. doi: 10.24127/j-sanak.v2i01.360.
Izzudin, A. Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains. 2019, 1 (3): 353-365
Al Badawi, S. H., Palupi, W., & Sujana, Y. Efektivitas Permainan Edukatif Terhadap Minat Belajar Anak. Kumara Cendekia, 6(3), 208-215
Supriyati. 2015. Pembelajaran Sains Untuk Anak Sd/Mi Dengan Pendekatan Saintifik. Elementary. Vol 1.
Achmad, H & Baradja, L. 2012. Demonstrasi Sains Kimia: Kimia Deskriptif Melalui Demo Kimia. Bandung: Penerbit Nuansa.