SOSIALISASI PEMODELAN OPTIMALISASI INSTALASI DENGAN PRAKTIK DEMONSTRASI BERDASARKAN DATA STATISTIK KEMAJUAN TEKNOLOGI DI KAWASAN UNIVERSITI MALAYSIA TERENGGANU

Authors

  • Aripin Triyanto Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Ojak Abdul Rozak Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Maharani Abu Bakar Faculty of Ocean Engineering Technology and Informatics, Universiti Malaysia Terengganu
  • Dian Pratama Program Studi Matematika, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Nursyiva Irsalinda Program Studi Matematika, Universitas Ahmad Dahlan
  • Fenny Syafariani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36095

Keywords:

PkM, Kolaborasi, Internasional, Sosialisasi, Bahaya Listrik

Abstract

Dalam setiap penggunaan peralatan yang berhubungan dengan sistem kelistrikan perlu adanya pemahaman dan pengetahuan khusus agar tidak terjadi kerusakan peratalan maupuan kecelakaan bagi manusia. Tahapan dalam mengetahui dan memahami sistem instalasi listrik dapat melalui bentuk sosialisasi, praktek demonstrasi ataupun menggunakan gambar layout dari suatu instalasi listrik. Pelaksanaan kegiatan dalam memberikan informasi tentang sistem kelistrikan dalapt dilakukan dengan suatu kegiatan yang biasa disebut Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Dalam implementasinya kegiatan PkM dapat dilakukan oleh internal suatu perguruan tinggi secara mandiri atau dapat pula dilakukan melalui media kolaborasi bersama beberapa Institursi Perguruan Tinggi dalam bentuk Implementasi Agreement sebagai bentukan implementasi kerjasama yang telah terjalin. Dalam pelaksanaannya PkM ini dikemas dalam bentuk penyampaian bahan sosialisasi dengan tujuan untuk menjalin kolaborasi antar Instituri Perguruan Tinggi Nasional maupun Internasional dalam hal ini melibatkan dari pihak Universitas Pamulang (UNPAM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) sebagai bagian dari Intitusi Perguruan Tinggi Nasional dengan pihak Universiti Malaysia Terengganu (UMT) sebagai perwakilan dari Institusi Perguruan Tinggi Internasional. Tujuan utama dari kegiatan PkM untuk audien adalah untuk memperkenalkan instalasi listrik, bahaya kecelakaan kerja yang berhubungan dengan kelistrikan dan mengetahui bentuk instalasi kelistrikan yang digunakan dalam skala rumah tinggal, perkantoran dan building atau Industri. Adapuan Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM yaitu dengan sharing knwoledge mengenai sistem kelistrikan atau bahaya listrik pada skala perumahan, perkantoran dan building atua Industri.

References

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Menteri Pekerjaan Umum. (2008). Permen PU nomor 24 tahun 2008 tentang Pedoman Pemeliharaan Gedung. Permen PU No. 24, 16.

Nasional, B. S. (2000). Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000). DirJen Ketenagalistrikan, 2000(Puil), 1–133.

Taro, Z., & Hamdani. (2020). Analisis Biaya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Skala Rumah Tangga. Jesce, 3(2), 65–71.

Triyanto, A. (2023). PROTEKSI SISTEM TENAGA. UNPAM PRESS.

Triyanto, A., Firasanto, G., Mualim, E., Agus, D., & Utomo, L. (2022). Implementasi dan Sosialisasi Prototipe Panel Surya 30 WP sebagai Pembelajaran di Lab SMK Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Pamulang , Tangerang Selatan. 2(6), 1849–1856.

Triyanto, A., Gunawan, W., Kusnadi, H., & Sunardi, A. (2022). Praktikum Transformator (A. Triyanto (ed.); Issue 1). UNPAM PRESS.

Triyanto, A., Sakti, A. L., Nugraha, H., & Rifai, A. A. (2022). Operasi dan stabilitas sistem tenaga (A. Sunardi (ed.); Issue 1). UNPAM PRESS.

Triyanto, A., Zakaria, H., Oktaviano, A., Omar, K., Lingkungan, K., Royong, G., & Umum, F. (2023). Kegiatan gotong royong dan perbaikan fasilitas umum bersama warga sg berua malaysia. 4(2), 1813–1819.

Downloads

Published

2023-10-19