PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DESIGN GRAFIS DI DESA PLAWAD CIRUAS

Authors

  • Angga Pramadjaya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang
  • Irfan Fathoni Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang
  • Khaoirulimam Khaoirulimam Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang
  • Zoe Zia Sidan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang
  • Raihan Achmad Ramadhan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang
  • Aditya Rizky Darmawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36104

Keywords:

Marketing Digital, Pemasaran, Produk

Abstract

Setiap orang yang memiliki usaha tentunya membutuhkan marketing untuk menggapai pasar yang dituju dan menggaet pelanggan untuk menaikkan bisnis. Sayangnya, seringkali cara marketing yang sudah ada belum cukup untuk mengoptimalkan cakupan pasar yang dituju. Dalam kondisi ini, digital marketing dibutuhkan untuk mencapai pasar yang bermigrasi ke digital dengan memahami bagaimana cara teknologi bekerja sehingga dapat meningkatkan usahanya. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat adalah melalui kegiatan Edukasi dan Pelatihan, Tujuannya adalah agar para pelaku usaha mengetahui dampak positif dari digital marketing terhadap volume penjualan bagi para pelaku usaha di Desa Plawad Ciruas.

References

Ahmad Cucus, H. D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing UMKM Penghasil Keripik KSU Gapoktan Rukun Santoso Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Jurnal Pengabdian UMKM, 57-65.

Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC).

Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Chasanah, S. L., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 193-202.

Fransiskus Panca Juniawan, M. S. (2023). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jural PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 06 No.01, 17-25.

Ginanjar Abdurahman, H. O. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Manage, 88-92.

Hadion Wijoyo, H. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikhraith-Abdimas Vol 3 No 3, 169-175.

Heidrick, S. (2009). The Adoption Of Digital Marekting in Financial. . Services Under Crisis.

Hudayanti, D. V. F. T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 853-859.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134.

Maemunah Nurmaya Sari, A. W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM: Strategi Pemasaran Tanaman Porang Melalui Channel Yang Optimal Pada Platform Youtube. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Batasa, 82-91.

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180.

Nurtriana Hidayati, P. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku, Vol. 3, No.03, 119-124.

Pristi Sukmasetya, H. A. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB Vol.4 No 03. Tahun 2021, 322-328.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.

R. Sanjaya, J. T. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292-306.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Bachtiar, S. E., et al. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 36-50.

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029-1038.

Yan Aditya, S. R. (2021). Pelatihan Startup Digital Dan Digital Marketing Bagi Siswa - Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Madani, 97-103.

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Guru dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229-234.

Published

2023-10-19