PENDAMPINGAN TEKNIK PEMASARAN PRODUK PERTANIAN DI AGROEKOWISATA SUBAK SEMBUNG
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36144Keywords:
Agroekowisata, Subak, Produk, Pertanian, PemasaranAbstract
Agrowisata merupakan rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun keanekaragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian serta budaya masyarakat petaninya sebagai destinasi wiasata. Produk pertanian yang dijual oleh para petani di Agroekowisata Subak Sembung belum dipasarkan secara baik dimana produk pertanian yang dijual memiliki potensi sebagai oleh-oleh Agroekowisata Subak Sembung. Pendampingan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, dan pemahaman para pedagang dalam memasarkan produk pertanian dengan hasil terjadi perubahan pemahaman dari pedagang kurang paham menjadi sangat paham dengan persentase sebesar 60% dan paham sebesar 40%.
References
Arida, I Nyoman Sukma. 2017. Ekowisata (Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowosata). Denpasar : Penerbit Cakra Press.
Gumelar, S Sastrayuda. 2010. Konsep Pengembangan Kawasan Agrowisata (Hand Out Mata Kuliah Concept Resort and Leisure). Avaible From URL : http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/LAINNYA/GUMELAR_S/HAND_OUT_MATKUL_KONSEP_RESORT_AND_LEISURE/PENGEMBANGAN_KAWASAN_AGRO_WISATA.pdf. Diakses pada tanggal 5 Juli 2023.
Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kristin, Debora dan I Putu Anom. 2017. Potensi Eco-Cycling Ekowisata Subak sembung di Dwsa Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 5 No.1. Hal 150-155.
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2012 tentang Subak.
Subak Sembung. 2014. Eka Ilikita Subak Sembung Desa Peguyangan. Tidak diterbitkan: Denpasar.
Sutawan, N; M Swara; W Windia; N Sutjipta. 1984. Studi Perbandingan Subak dalam Sistem Irigasi non-PU dan Subak dalam Sistem Irigasi PU (Kasus Subak Timbul Baru dan Subak Celuk, Kab. Gianyar) UNUD Denpasar.