SOSIALISASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA/SISWI SMK NURUL HUDA BAROS
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v4i3.36171Keywords:
Digital Marketing, Minat, BerwirausahaAbstract
Perencanaan Marketing adalah salah satu rahasia kesuksesan bisnis. Untuk memiliki action plan yang bagus diperlukan dokumen perencanaan. Dengan dokumen perencanaan tersebut, kita bisa menjalankan tugas lebih terarah untuk mencapai tujuan. Pada umumnya action plan berisi rincian tugas lengkap dengan tenggat waktu yang diberikan. Selain itu, kita juga bisa mengatur prioritas tugas yang harus segera diselesaikan. Metode pelaksanaan PkM ini yaitu tahapan perencanaan, tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi, tahapan pendampingan. Adapun hasil dari kegiatan ini Hal-hal yang dapat disimpulkan dari pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan adalah: Kemampuan digital peserta meningkat akibat kegiatan ini. Pemasaran media sosial juga berpotensi meningkatkan pendapatan dari penjualan. Selain itu, TikTok yang masih terbilang baru di dunia digital marketing diberikan kepada para peserta sebagai strategi penjualan segar. Tergantung pada pendekatan yang diambil, peserta umumnya dapat terlibat dalam tugas mulai dari implementasi hingga memberikan dukungan yang bermanfaat. Adapun hasil Sebelum pelatihan persentase kompetensi peserta sebesar 69% dan setelah pelatihan kompetensi peserta menjadi 91%.
References
Alfina, A., Khoirina, M. M., & Nastiti, T. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, 1(6), 797–804.
Azizah, N., Wahyudi, E. R., Nissa, K., Wahyudi, A. F., & Ummah, S. K. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS)
Darah Fransiskus Panca Juniawan, Melati Suci Mayasari, Harrizki Arie Pradana, Lukas Tommy, Dwi Yuny Sylfania Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 06 No. 01, Januari-Februari 2023, 17-25 | 25 Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 131–141. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2675
Hanief, S., Januhari, N. N. U., & Asmara, A. . R. (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. Widyabhakti, 2(3), 146–156.
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Kace Timur, D. (2018). Potensi Desa/Tipologi Desa. http://kacetimur.bangka.go.id/content/potensi-desatipologi-desa
Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020- indonesia
Pramudyatama, Y. (2020). Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Perkembangan Bisnis Kamu. https://whello.id/tips-digital-marketing/cara-menggunakan-instagram-insight/
Sadikin, A., Komar, O., & Sukmana, C. (2020). Implementasi Pelatihan Berbasis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Pelaku UMKM Kota Cimahi. Abdimas Siliwangi, 04(01), 13–26.
Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 100–105.
Widiawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2676
Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.