Coaching Clinic Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas VI SD Nabawi Islamic School Rawamangun Jakarta Timur

Authors

  • Rahmat Gunawan Universitas Pamulang
  • Muh. Ali Akbar Universitas Pamulang
  • Aidil Putra Universitas Pamulang

Keywords:

Coaching Clinic, Pendidikan Jasmani, Kebugaran Jasmani

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman ataupun pengetahuan serta mampu meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas VI SD Nabawi Islamic School Rawamangun Jakarta Timur. Selain itu diakhir kegiatan ini juga dilakukan pengukuran kebugaran jasmani siswa, sehingga memberikan gambaran berupa data kebugaran jasmani siswa yang dapat digunakan sebagai indikator bagi guru PJOK untuk menyusun dan melaksanakan program kegiatan olahraga di sekolah kedepannya. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan pendampingan, yaitu; memberikan pengetahuan/pemahaman tentang konsep kebugaran jasmani, tujuan dan manfaat kebugaran jasmani bagi siswa, Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, pemberian motifasi untuk melakukan aktifitas fisik dan praktik langsung, serta penilaian kebugaran jasmani siswa berdasarkan pedoman Tes Kebugaran siswa Indonesia (TKSI KEMDIKBUD). Hasil yang dicapai oleh peserta ialah meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebugaran fisik dan kesehatan pada siswa, para siswa mendapat pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya aktifitas fisik dalam menjaga kesehatan. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam bergerak dan mengikuti kegiatan olahraga. Mereka mulai memperlihatkan minat yang lebih besar terhadap berbagai jenis olahraga yang diajarkan dan meningkatkan partisipasi dalam kegiatan kebugaran. Selain itu peserta menunjukkan sikap yang sangat responsif dan aktif dalam mengikuti kegiatan dengan aktif bertanya, mendemonstrasikan, melaksanakan semua tes dan pengukuran kebugaran jasmani untuk usia sekolah dasar dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tim pengabdian.

References

Giriwijoyo, S., & Dikdik zafar Sidik. (2010). Konsep dan cara penilaian kebugaran jasmani menurut sudut pandang ilmu faal olahraga. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v2i1

Herdiyana, A., Pito, G., & Prakoso, W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1). https://doi.org/Doi: 10.21831/Jorpres.V12i1.9498

Muhajir, M., & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI (Pertama). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pranata, K., Fatayan, A., & Safrul. (2022). Pelatihan Kebugaran Jasmani Melalui Aplikasi Sipgar Di Sekolah Menengah Atas. RUANG CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Sudarsinah, S. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Elementa, 3, 1–10. https://doi.org/DOI: 10.33654/pgsd

Widiastuti, W. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT Raja Grafindo Persada.

Published

2024-03-20