Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Sabun Transparan

Authors

  • Suwoto Universitas Pamulang
  • Budhi Indrawijaya Universitas Pamulang
  • Ahmad Wibisana Universitas Pamulang

Keywords:

Sabun, Transparan, Herbal

Abstract

Telah dilakukan kegiatan PKM berupa penyuluhan dan pelatihan pembuatan sabun transparan. Kegiatan dilakukan di RW 019 Perumahan Villa Pamulang Pondok Benda Pamulang. Sabun merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Selama ini sabun diperoleh masyarakat dari membeli produk yang sudah ada dan merupakan bagian dari kebutuhan pokok mereka. Dengan semakin meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, kebutuhan akan sabun mandi dengan kondisi tertentu seperti herbal dengan berbagai manfaat tambahan dan juga tampilan yang transparan dan menarik makin dibutuhkan masyarakat.Pembuatan sabun ini  cukup mudah dilakukan oleh masyarakat awam tanpa menggunakan peralatan khusus, namun diperlukan pengetahuan tentang sabun  dan bahan lain terkait serta  potensi bahaya yang dapat ditimbulkan. Pada pelatihan pkm ini diajarkan cara pembuatan sabun. Pelatihan dilakukan berupa penjelasan oleh dosen dan dilakukan praktek langsung oleh mahasiswa di depan para peserta. Pelatihan  berlangsung lancar dan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Para peserta berharap agar kegiatan PKM dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga masyarakat dapat menerapkan pelatihan ini dalam pengembangan kewirausahaan dan dapat menunjang ekonomi masyarakat.

References

Anonim. 2014. Tugas Akhir Dengan Judul “Pembuatan Sabun Transparan Dari Vco (VirginCoconut Oil)”.

Agung Maulana , Et Al. Pembuatan Sabun Transparan Aromaterapi Minyak Atsiri Akar Wangi (Chrysopogon Zizanioides ( L.) Roberty.

Asri Widyasanti, Et Al. 2016. Pembuatan Sabun Padat Transparan Menggunakan Minyak Kelapa Sawit (Palm Oil) Dengan Penambahan Bahan Aktif Ekstrak Teh Putih (Camellia Sinensis).

Paul, S. 2007. Fatty Acid and SoapMaking http://www.soap-makingresource.com/fatty-acid-soap-making.html, 18 Agustus 2008

Qisti, R. 2009. Sifat Kimia SabunTransparan Dengan Penambahan Madu Pada Konsentrasi YangBerbeda. Skripsi Fakultas Peternakan, IPB.

Spitz, L. 1996. Soap and Detergent aTheoritical and Practical Review.AOCS Press, Champaign-Illinois.

Supandidan Gantini. 2011. FormulasiSabun Transparan Minyak Nilam Sebagai Obat Jerawat. UniversitasMuhammadiyah.

Sunandar, C. (2008). Produksi MinyakAkar Wangi (Java Vetiver Oil) Dengan Destiasi Uap dan Analisis Kadar Khusimolnya Dengan GC – MS. Sekolah Farmasi ITB.

Published

2024-01-30