Pelatihan Usaha Bisnis Digital Desain Canva Untuk Menambah Usaha Masyarakat Desa Tegal, Kemang, Bogor

Authors

  • Yanti Supriyanti Universitas Pamulang
  • Nova Wisnianingsih Universitas Pamulang
  • Yudi Maulana Universitas Pamulang

Keywords:

Media Digital, Desain Grafis, UMKM, Promosi

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital saat ini sangat berperan penting dan memberikan manfaat dalam bidang komunikasi dan kegiatan jual beli. Desain grafis adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki dampak sangat signifikan dalam dunia pemasaran, desain grafis juga dapat membuat media pemasaran menjadi lebih menarik dan berbeda. Pelaku usaha dapat menggunakan desain grafis sebagai strategi promosi dengan berbentuk iklan digital, untuk membuat desain iklan digital yang menarik dan interaktif diperlukan sebuah aplikasi salah satunya Canva. Canva adalah platform desain online yang menawarkan berbagai macam alat untuk persentasi, brosur, poster, banner, logo dan lain-lain. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan banyak desain menarik yang dapat digunakan oleh pelaku usaha khususnya UMKM sehingga dapat menentukan dan meningkatkan kreativitas dalam promosi yang digunakan. Dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, kami memberikan edukasi dengan melakukan pelatihan kepada masyarakat pelaku UMKM untuk membuat logo sebagai identitas dan ciri khas selain itu membuat suatu konten desain grafis yang menarik, serta teknik dalam pemilihan kombinasi warna, teks dan gambar sebagai media promosi untuk di unggah pada akun media sosial masing-masing sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak dan omset penjualan naik.

References

Ayouvi Poerna Wardhanie, F. F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Society).

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-media-digital-dan-contohnya-dalam-kehidupan-sehari-hari-21R6I93oVLI

https://www.canva.com/id_id/about/

https://www.dewaweb.com/blog/cara-menggunakan-canva/

Latianingsih, N., Suyanti, D. W., Martina, N., & Mariam, I. (2021). Strategi Marketing 4.0 pada Pasca Panen Ikan Lele di Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 72-76.

Muhammad Sholeh, R. Y. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Produk UKM. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96.

Rifqi Dharma. 2022. Penggunaan Teknologi Informasi di Era Digitalisasi https://accurate. id/teknologi/era-digital/

Sholeh dkk, (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, 2021). Diakses dari https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb /article/view/2983.

Published

2024-01-30