Pemanfaatan Digital Marketing bagi UMKM

Authors

  • Isep Amas Priatna Universitas Pamulang
  • Gojali Supiandi Universitas Pamulang

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Pelatihan

Abstract

Permasalahan umum yang dihadapi oleh para pelaku usaha kecil yaitu kekurangan modal, minimnya pengetahuan tentang IT dan minimnya relasi. Pengetahuan tentang IT pada dasarnya merupakan hal yang wajib dimiliki bagi pengusaha saat ini jika produk mereka ingin terus bersaing. Karena permasalahan  ini masih berhubungan erat dengan sulitnya mendistribusikan barang. Salah satu faktor yang menyebabkan pendistribusian barang UMKM kurang meluas karena pengusaha belum melakukan pemasaran online. Sehingga, hasil yang didapat pun kurang maksimal. Kondisi ini juga terjadi untuk para anggota UMKM yang menjadi target PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) khususnya pemahaman tentang IT terutama tentang penggunaan sosial media sangat minim sehingga menyebabkan terhambatnya akses terhadap pasar. Untuk itu guna menunjang keberhasilan usaha terutama dalam pemasaran digital maka mau tidak mau peningkatan pengetahuan untuk itu mutlak diperlukan. Atas dasar permasalahan diatas maka tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pemahaman sekaligus aplikasi digital marketing dalam rangka peningkatan penjualan UMKM. Metode yang digunakan adalah melakukan pendalaman masalah dan memberikan alternatif pemecahan masalah. Salah satunya melakukan pemaparan dihadapan para UMKM dalam bentuk presentasi klasikal dan diskusi. Hasil dari kegiatan PKM ini, para UMKM bisa memahami tentang arti penting digital marketing sekaligus banyak memberikan pengetahuan baru tentang beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam penjualan. Dari kegiatan PKM ini telah memberikan pemahaman yang lebh baik lagi kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya digital marketing sehingga kedepan perlu dilakukan pelatihan kelanjutan dari kegiatan PKM ini.

References

Depari, G. S., Tambunan, E., & Purba, R. (2022). Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 109-113.

Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten bangka tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063.

Omar, F. I., Zan, U. M. S. M., Hassan, N. A., & Ibrahim, I. (2020). Pengaruh pemasaran digital terhadap prestasi usahawan perusahaan kecil dan sederhana. E-Jurnal Penyelidikan dan Inovasi, 138-155.

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44-53.

Published

2024-01-30