Meningkatkan Ketrampilan Public Speaking Siswa Melalui English Story Books
Keywords:
Bahasa Asing, Public SpeakingAbstract
Sebagai bahasa asing, bahasa Inggris di Indonesia kurang berkembang bila dibandingkan dengan di negara-negara tetangga. Bahkan para siswa SMA yang sudah belajar bahasa Inggris sejak SD masih belum menguasai bahasa Inggris. Melihat hasil observasi terhadap para siswa- siswi SMA Islam Al-Ghozali, Gunung Sindur, Bogor, teridentifikasi bahwa kecakapan berbahasa Inggris mereka terutama dalam kemampuan public speaking masih sangat minim. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris pada mereka, antara lain minat belajar yang masih belum merata, kurangnya variasi bahan ajar, serta kecenderungan metode belajar yang masih monoton sehingga mengakibatkan rata rata ketrampilan berbahasa Inggris mereka terutama ketrampilan berbicara masih rendah. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian pelatihan dan pembelajaran yang bertema “ Meningkatkan ketrampilan Public Speaking Siswa-Siwa Melalui English Story Books “ kepada siswa-siswi dilingkungan SMU Al-Ghozali, Gunung Sindur, Bogor. Dalam Pelatihan tersebut para siswa didorong untuk berlatih berbicara bahasa Inggris di depan khalayak melalui Englsih Story Books. Dengan penyelenggaraan pengabdian ini diharapkan akan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbahasa Inggris di depan khalayak dan pada saat yang sama akan memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan belajar bahasa Inggris kejenjang yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah pada mereka ketika pada saatnya nanti mencari pekerjaan. Diharapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini akan memberikan kesadaran baru bahwa berbicara didepan khalayak sangat perlu khususnya di dalam kehidupan di dunia kerja nanti.
References
Asmawati, Luluk, dkk. 2010. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, hal. 1.44.
Burn, Roe and Ross. 1984. Interaction! Reading 4th Edition. New York: McGraw-Hill. Inayatul, Fajriah. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar pada siswa kelas II. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Lampariello, Luca. The Remarkable Power of Stories and Storytelling as Ways to Learn Languages. Retrieved July 2020. https://www.lucalampariello.com/storytelling-learn- languages/
Lomba, Ana. The Power of Storytelling in Language Learning. Retrieved July 2020. https://www.analomba.com/anas-blog/the-power-of-storytelling-in-language-learning/
Lynch-Brown, C. & Tomlinson, C. 2005. Essentials of Children’s Literature, 5th edition. London: Longman Publisher
Malu, Kathleen F. 2013. Exploring Children’s Picture Storybooks with Adult and Adolescent EFL Learners, English Teaching Forum. Number 3.
Maretsya, Yulia. 2013. Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Animasi Gambar. Bengkulu: Universitas Bengkulu
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogjakarta: Gajah Mada University Press
Ress, Regina. Storytelling and Language Learning. Retrieved July 2020. Available in https://storynet.org/storytelling-and-language-learning/
Rezende Lucarevschi, Claudio. 2016. The role of storytelling on language learning: A literature review. Journal UVIC Vol 26 No 1 (2016): VOLUME 26. https://journals.uvic.ca/index.php/WPLC/article/view/15309
Richards J. dan Renandya, W. 2002. Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press
Serife Demircioglu. 2010. Teaching English Vocabulary to Young Learners via Drama, Pocedia Social and Behavioral Sciences, No.2
Solihati, Tri Agustini. 2010. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Melalui Active Learning. Bandung: Universitas Perjuangan
Suwandi. 1990. Peran Cerita dalam Pembentukan Perekembangan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.