Pelatihan Pembuatan Telur Asin Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor

Authors

  • Wahyu Universitas Pamulang
  • Soleh Sofyan Universitas Pamulang
  • Yusup Purwanto Universitas Pamulang

Keywords:

Telur Asin, Pengangguran

Abstract

Dilansir dari laman web bps.go.id, jumlah orang yang bekerja adalah 135,61 juta dengan tingkat pengangguran terbuka sebanyak 5,83%. Salah satu solusi yang di sarankan untuk mengatasi pengganguran cara mengatasi pengangguran lainnya adalah memberikan workshop usaha. Telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang tinggi di bandingkan dengan telur ayam kampung dan telur ayam negeri. Setiani(2016) Pemberdayaan  masyarakat sebagai tenaga kerja produktif sangat penting dilakukan, bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berusaha, sekaligus memperluas lapangan kerja guna meningkatkan pendapatan keluarga dalam usaha mencapai keluarga yang bahagia dan Sejahtera. Terdapat perumusan masalah Bagaimana cara membuat produk telur asin pada masyarakat Desa Tegal dan Bagaimana cara menumbuhkan minat usaha melalui pembuatan produk telur asin  pada masyarakat Desa Tegal. Dimana tujuan dari pengabdian kepada Masyarakat. Bagaimana cara membuat produk telur asin pada masyarakat Desa Tegal dan  Bagaimana cara menumbuhkan minat usaha melalui pembuatan produk telur asin  pada masyarakat Desa Tegal. Dari hasil pelatihan dan penyuluhan disimpulkan bahwa selama proses pelatihan masyarakat Desa Tegal antusias mengikuti pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari respon masyarakat, keinginan masyarakat untuk bisa membuat produk telur ikan asin, dan bertanya kepada narasumber atau tim PKM jika ada kesulitan ketika mempraktekkan proses pembuatan telur asin.

References

Astawan, W. 2011. Teknologi Pengolahan Pangan Tepat Guna. Jakarta: CV Akademika Pressindo

Gumay. 2009. Produk Telur Asin. Agro Media.Surabaya.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/awal-2023-ada-79-juta-pengangguran-di-indonesia

https://www.detik.com/bali/berita/d-6388267/10-manfaat-telur-asin-bagi-kesehatan-tubuh-dan-efek-sampingnya

https://www.detik.com/jateng/kuliner/d-6622192/ini-cara-membuat-telur-asin-dan-asal-usulnya-oleh-oleh-lezat-khas-brebes

https://www.honestdocs.id/bahaya-dan-manfaat-telur-asin-yang-harus-diperhatikan

https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/cara-mengatasi-pengangguran

https://www.orami.co.id/magazine/cara-membuat-telur-asin

Nuruzzakiah, Rahmatan, H., & Syafrianti, D. (2016). Pengaruh Konsentrasi Garam terhadap Kadar Protein dan Kualitas Organoleptik Telur Bebek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1).

Sabar, W. P., & Parnanto, N. H. R. (2015). Peningkatan Usaha Telur Asin Asao. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(2), 87–93

Published

2024-01-30