Muhadhoroh Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Ekstemporan di Pondok Modern Al-Ghozali
Keywords:
Muhadharah, Teknik EkstemporanAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat di selenggarakan di Pondok Modern Al-Ghozali, kami melanjutkan mengobservasi di kegiatan muhadharah, kami menemukan beberapa permasalahan, pengucapan atau pronounce yang kurang tepat, terlihat tidak mengerti atau tidak menguasai Bahasa Inggris (hanya menghapal), intonasi yang tidak sesuai dan bahkan datar, dan bahasa tubuh yang kaku. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan pengabdian ini dalam aspek kemampuan bahasa Inggris, hal mendasar yang ditawarkan oleh tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, terutama dalam kegiatan muhadharah. PKM meliputi delapan pemecahan masalah: 1) pendidik menciptakan iklim belajar yang baik dan menyenangkan. 2) metode belajar yang menyenangkan, 3) belajar berbicara bahasa Inggris lebih menarik bersama teman dimana saja, 4) gaya belajar melibatkan visualisasi objek, 5) menambah kosa kata harian, 6) peserta didik dilatih untuk menyampaikan ide-ide, 7) memberikan kesempatan peserta didik untuk mengeksplorasi pemikirannya, dan 8) memberikan, membimbing dan mengarahkan ketika kegiatan muhadharah (public speaking). Dalam acara pengabdian ini, penyampaian materi muhadharah Bahasa Inggris akan mencakup beberapa langkah, yaitu: 1) mencari para siswa yang ingin tampil dengan topik yang mereka buat; 2) membuat kelompok, dan diberikan waktu 10 menit untuk membuat muhadharah menggunakan Bahasa Inggris, lalu maju dengan perwakilan kelompoknya dan mempraktekkan, jika ada kesalahan tim akan mengoreksi kesalahan-kesalahan tersebut; 3) memberikan kosakata baru untuk diterapkan; 4) berlatih penggunaan bahasa tubuh, intonasi dan pengucapan; dan 5) mempraktekkan kembali.
References
Badudu, Rendra & Shinta, Dewi. 2012. Bukan Pidato dan MC Biasa. Yogyakarta: Pustaka Cerdas
Gregory, Hamilton. 2010. Public Speaking for College and Career. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Harmer, Jeremy.2007. How to Teach English. New Edition. Eidenburgh.Pearson Longman.
Hidayanto ahmad, 2013, Berpikir Sistem, Pola Berpikir Untuk Pemahaman Masalah yang Lebih Baik, Leutika Prio
Jalaludin Rakhmat, 2001. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Rahman Hakim, 2004. Teknik, Pedoman dan Seni Berpidato. Surabaya: Indah
Richards, Jack. 2001. Curuculum Development in Languange Teaching.USA: Cambridge University Press
Sasono, Adi. 1998. Solusi Islam atas Problematika Umat: Ekonomi, Pendidikan, dan Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press
Yunus, Muhammad. 1973. Kuasa Arab-Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Penafsir AlQur'an.
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.