Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Adjective Clause bagi Siswa MTs Daarul Hikmah Pamulang

Authors

  • Ria Antika Universitas Pamulang
  • Prihatin Puji Astuti Universitas Pamulang

Keywords:

Klausa Adjective, Krusial, Kalimat Kompleks, Klausa Subordinatif

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu dari Dharma bagi dosen dalam memperluas penggunaan ilmu pengetahuan ke ranah masyarakat. Fokus PkM ini adalah pemahaman klausa adjektiva /Adjective Clause dalam Bahasa Inggris, terutama pada siswa MTs Daarul Hikmah Pamulang. Pemahaman ini krusial karena Adjective Clause memberikan informasi rinci dalam kalimat. Memahami kalimat kompleks yang terdiri dari klausa utama dan satu atau lebih klausa subordinatif sangatlah penting. Penekanan utama pada pemahaman ini adalah mengenai struktur kalimat kompleks dalam Bahasa Inggris, seperti yang disebutkan oleh Oshima & Hogue (2006). Mereka menyatakan bahwa kalimat kompleks terdiri dari klausa utama dan klausa subordinatif, di mana ide utama ditempatkan dalam klausa utama dan ide tambahan dalam klausa subordinatif. Pemahaman yang kuat terhadap hal ini menjadi kunci bagi siswa dalam berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Inggris mengingat pentingnya bahasa ini dalam lingkup global saat ini. Melalui beberapa aktifitas bervariasi dan menyenangkan dalam pembelajaran seperti visual materi yang menarik, konkret, dan relevan melalui proyektor, diskusi dan game, para siswa merasa tertarik dan antusias dalam belajar. Dari hasil pre test dan post test, pemberian dan penguatan materi adjective clause telah menunjukan peningkatan yang signifikan tentang materi tersebut.

References

Dornyei, Z. (2001). Motivational strategies in the language classroom. Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press.

Oshima, Alice & Ann Hogue. (2006). Writing Academic English: Fourth edition. Addition Wesley longman. NY.

Sejarah Yayasan Daarul Hikmah Pamulang.(2022). Diakses melalui www.daarulhikmahpamulang.com

Shaw, E. (2009). The effectiveness of games and activities in teaching vocabulary to adult learners of english as a second language (ESL) (M.A.C.I.). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global. (305172484). Diakses melalui http://search.proquest.com/docview/305172484?accountid=28109

Published

2024-01-30