Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan Online Di UMKM Desa Serdang Kulon

Authors

  • Andry Septianto Universitas Pamulang
  • Heri Muryanto Universitas Pamulang
  • Agus Taufik Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran Digital, Sosial Media Marketing, Instagram, UMKM

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Instagram merupakan platform yang sangat efektif untuk melakukan promosi penjualan online. Dengan jumlah pengguna yang besar dan beragam, Instagram dapat menjadi wadah yang sempurna untuk menjangkau calon pelanggan potensial yang dimana bias membantu masyarakat dan pelaku UMKM Desa Serdang Kulon dalam melakukan promosi penjualan online dan meningkatkan jangkauan pelanggan ideal terhadap digitalisasi UMKM agar bisa mengembangkan produk UMKM dengan mengoptimalkan penggunaan Social Media Marketing (SMM) berupa tata cara pembuatan akun Instagram bisnis. Penting untuk mencatat bahwa promosi penjualan online di Instagram juga memerlukan pengelolaan yang baik. Pengguna perlu memperhatikan konsistensi dalam brand image, merespon komentar atau pesan dari calon pelanggan dengan cepat, dan memantau performa promosi mereka melalui fitur statistik yang disediakan oleh Instagram.

References

Abdurohim, D. (2021). Pengembangan UMKM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Alfath, F. (2022, November). www.micromentor.org.

Chaffey, D. (2019). Digital Marketing. New York: Pearson.

Rafidah, N. N. (2023). Strategi Digital Marketing Dengan Instagram dan Tiktok Pada Butik Dot.Id. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Human Falah, 126-135.

Rakhmat, P. (2020). Viral Digital Marketing. Bandung: Informatika Bandung.

Ramadhan, B. (2020). Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu. DKI Jakarta: Media Online TeknoIA.

Riwoe, F. L. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 25-32.

Rizky, M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Repurchase Intention Melalui Experiential Marketing dan Brand Trust. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 658.

Septianto, A. (2022). Modul Pelatihan Digital Marketing. Tangerang Selatan: LKPH Universitas Pamulang.

Sudiman. (2023, September 28). Laporan Survei Desa Serdang Kulon. Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Susilowati, R. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Sonokuno Kitchen Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin ADMI, 49-56.

Wibowo, C. (2022). Materi Pelatihan Pemasaran Digital. DKI Jakarta: Micromentor Indonesia.

Yansahrita. (2023). Konsep dan Teori Manajemen & Strategi Digital Marketing. DKI Jakarta: CV Adanu Abimata.

Yanthi, P. E. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Digital Marketing Pada Crème Pastry di Denpasar Barat Tahun 2022. Arthaniti Studies, 16-24.

Published

2024-01-30