Sosialisasi Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten

Authors

  • Kiswanta Universitas Pamulang
  • Jan Setiawan Universitas Pamulang
  • Yoyok Dwi Setyo Pambudi Universitas Pamulang

Keywords:

Panel Surya, Lampu Penerangan, Pengabdian Masyarakat, Sekolah

Abstract

Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya mengaplikasi Energi baru terbarukan, karena semakin berkurangnya energi fossil yang ada di bumi untuk masa yang akan datang dan program energi bersih dari karbon Net Zerro Emission. Energi baru terbarukan yang sedang di kembangkan/tingkatkan di Indonesia itu adalah energi angin, energi matahari, energi air, energi panas bumi, nuklir dan energi biomasa. Keuntungan menggunakan energi baru terbarukan Matahari (PLTS) yaitu, gratis, ramah lingkungan dan berlimpah. Matahari sebagai bintang di pusat tata surya setiap saat selalu memancarkan energi radiasi ke permukaan bumi sekitar 1000 W/m2. Nilai ini akan bervariasi tergantung lokasi, waktu, dan kondisi iklim. Namun untuk menghasilkan listrik dari energi matahari di perlukan komponen konversi yang di sebut solar cell dengan bantuan efek fotovoltaik.Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi tentang energi baru terbarukan seperti tenaga surya sebagai pembangkit listrik untuk memasok kebutuhan energi listrik bagi kegiatan sekolah seperti pompa air dan lampu penerangan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi penerapan panel surya sebagai pembangkit listrik bagi anak didik SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan dilakukan dengan memasang Panel Surya sebagai penghasil tenaga listrik yang diletakkan di area sekolah. Memasang beberapa titik lampu dan pengisi batere smartphone lewat sentral ruang kelas. Akhirnya kegiatan PkM ini dapat berhasil dengan baik dan bermanfaat bagi sivitas akademika SMAN 2 Kota Tangerang Selatan dan Universitas Pamulang di masa mendatang.

References

Kiswanta, dkk., (2020), Integrasi Pengamanan Aset Melalui Pemasangan Kamera CCTV dan Penerangan Lampu Otomatis Dengan Sistem Catu Daya Darurat di Masjid Ahsanu Amala Gunung Sindur Bogor, Laporan Akhir PKM, Teknik elektro, Universitas Pamulang, Banten.

Kiswanta, dkk., (2020), Implementasi Automatic Switching Genset dan Penerangan Jalan Umum Panel Surya di Masjid Al-Hikam, Putat Nutug Ciseeng, Bogor, Laporan Akhir PKM, Teknik elektro, Universitas Pamulang, Banten.

Kiswanta, dkk., (2019), Pemasangan Kamera CCTV Sebagai Upaya Pencegahan & Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Di Tempat Ibadah (Musholla Nurul Iman) Cipondoh – Kota Tangerang, Banten, Laporan Akhir PKM, Teknik elektro, Universitas Pamulang, Banten.

Kiswanta, dkk., (2019), Pemasangan Kamera CCTV Sebagai Upaya Pencegahan & Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Di Tempat Ibadah (Masjid Al-Istiqomah) Cipondoh – Kota Tangerang, Banten, Laporan Akhir PKM, Teknik elektro, Universitas Pamulang, Banten.

Published

2024-01-30