Pengembangan Sistem Informasi Profil Desa Berbasis Website dengan Metode Waterfall di Desa Labuhan, Kec. Sreseh, Kab. Sampang, Madura

Authors

  • Dwi Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Alaina Zulfa Ismail Universitas Trunojoyo Madura
  • Desy Fitria Sari Universitas Trunojoyo Madura
  • Zainuddin Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Sistem Informasi, Website, Metode Waterfall

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Informasi Profil Desa yang berada di desa labuhan kecamatan sreseh, kabupaten sampang berbasis website menggunakan metode Waterfall untuk mempermudah seseorang yang ingin mencari informasi mengenai desa labuhan bisa lebih mudah. Desa adalah unit pemerintahan yang membutuhkan platform online untuk menyediakan informasi kepada warganya. Metode Waterfall digunakan untuk mengorganisir proses pengembangan sistem secara terstruktur. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis, (2) Rancangan, (3) Penerapan, (4) Pengujian, dan (5) Pemeliharaan. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL. Setelah sistem informasi selesai dibuat dilakukan pengujian blackbox testing untuk melihat kelayakan sistem.  Kegiatan ini mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pada tahap implementasi, kami menggunakan berbagai teknologi web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan Visual Studio Code serta Xampp untuk menampilkan wesite yang di buat dalam membangun antarmuka yang intuitif dan responsif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, termasuk komputer desktop, dan ponsel. Pemeliharaan sistem akan dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa informasi yang disediakan bisa memenuhi kebutuhan mengenai informasi yang disampaikan. Dengan demikian, Sistem Informasi Profil Desa berbasis website ini dapat menjadi alat yang berguna dalam memfasilitasi akses informasi bagi warga desa dan pihak perangkat desa yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang desa tersebut.

References

Anung, W. (2015). Perancangan Media Promosi Pariwisata Kabupaten Jepara. Semarang. Seni Rupa Konsentrasi DKV S1; Universitas Negeri Semarang.

Efwinda, Shelly. (2022). “Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa”. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 6, No. 3, Desember 2022 ISSN 2598-6147 (Cetak) ISSN 2598-6155 (Online).

Farizi, Fadil Jalaluddin & Oemar Eko Agus. (2021). Perancangan Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Situbondo”. Jurnal Barik, Vol. 2 No. 3, Tahun 2021, 138-147 e-ISSN: 2747-1195 138https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Kurniyanto, Prastika, Arifiyanti. (2023). Strategi Pengentasan Kemiskinan Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Desa Keleyan, Kabupaten Bangkalan. Jurnal Agriscience. Vol 3(3) Tahun 2023

Nyongky, A. F. M. (2013). Perancangan Media Promosi Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Timur. Yogyakarta. Pendidikan Seni Rupa; Universitas Negeri Yogyakarta.

Suwarno. (2011). Perancangan Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang dalam Bentuk Poster. Semarang. Desain Komunikasi Visual; Universitas Negeri Semarang.

Published

2024-01-30