PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PENANAMAN BAMBU DI KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA

Authors

  • Alfred Ayub Moses Padwa Universitas Cenderawasih
  • Avelinus Lefaan Universitas Cenderawasih
  • Ferry Rhendra Pananda Putra Sitorus Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39094

Keywords:

banjir, Kota Jayapura, padat pancang, pelestarian lingkungan, penanaman bambu

Abstract

Hujan deras yang terjadi di awal tahun 2019 di Kota Jayapura membuat sejumlah jalan longsor dan kerusakan di beberapa tempat. Keadaan ini solusinya dengan penanaman pohon bambu di lokasi yang berdekatan dengan lokasi Kampus Univeristas Cenderawasih dan juga sering longsor. Lokasinya ada di empat titik yang berada di jalan alternatif Waena-Kotaraja. Pola yang digunakan untuk kegiatan penanaman ini adalah sistem padat pancang. Setelah dilakukan penanaman di keempat lokasi dan selanjutnya proses obvervasi dilakukan. Hasilnya di keempat lokasi penanaman itu telah menunjukkan pertumbuhan bambu yang bagus.  Ini menunjukan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk penanaman bambu menjadi bagian dari upaya meminimalisir banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura. Diharapkan model ini dapat dilanjutkan di lokasi lainnya agar upaya mengurangi dampak banjir dapat semakin banyak dilakukan untuk pelestarian lingkungan.

Author Biography

Ferry Rhendra Pananda Putra Sitorus, Universitas Cenderawasih

Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial, Pelayanan Anak, Media

References

Abrauw, Rudolf D. 2017. “Wilayah Rawan Longsor Di Kota Jayapura.” Jurnal Geografi Lingkungan Tropik 1 (1): 14–28. https://doi.org/10.7454/jglitrop.v1i1.4.

Handoko, E.B., Anastasia Maurina, Budianastas, Ricky Gustin, Bernadette Sudira, and Jesslyn Priscilla. 2015. “Peningkatan Durabilitas Bambu Sebagai Komponen Konstruksi Melalui Desain Bangunan Dan Preservasi Material.” Hibah Penelitian Mono Disiplin, 1–55. https://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/view/1748.

Sitorus, Ferry R. P. P., and Alfred A. M. Padwa. 2020. “Berkreasi Membuat Kerajinan Tangan Sekaligus Mengurangi Sampah Botol Plastik.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 3 (1): 1. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6266.

Wicaksono, Dharmawan, Frista Ananda Rizky, Hasna Khairunnisa, Vania Maharani Rizky Pratiwi, and Wahyu Gilang Hermawan. 2023. “Nusantara Hasana Journal.” Nusantara Hasana Journal 2 (8): 349–73. http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/732/590.

Published

2024-05-31