PENYULUHAN PENINGKATAN MOTIVASI KEPADA PELAKU USAHA DI AREA SITU TANDON CIATER, KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang
  • Siti Alfiah Universitas Pamulang
  • Reni Hindriari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39364

Keywords:

Motivasi, Pelaku usaha, Tandon Ciater

Abstract

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakati ini, kami berupaya untuk meningkatkan motivasi kepada pelaku usaha di lokasi wisata di Tandon Ciater, Kota Tangerang Selatan. Latar belakang dilaksanakannya Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut karena kondisi Lokasi Wisata Tandon Ciater dalam pengelolaanya masih mengalami beberapa masalah dalam pengembangan yaitu dalam pengaturan dan pengelolaan tata ruang lokasi wisata, belum ada inovasi untuk wahana permainan, fasilitas umum belum memadai, dan terbatasnya kualitas SDM pengelola serta pelaku usaha. Tujuan utama untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait motivasi para pelaku usaha agar kembali bersemangat menjalankan dan mengembangkan usaha di lokasi wisata tersebut. Pendekatan kualitatif, kami melakukan penyuluhan langsung kepada para pelaku usaha terkait motivasi dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Hasil  kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku usaha yang berada disekitar lokasi wisata Tandon Ciater mengalami peningkatan dalam hal pengembangan usaha, mereka semangat untuk melakukan peningkatan usaha. Simpulannya, implementasi dari peningkatan motivasi pada pelaku usaha di lokasi wisata Tandon Ciater dapat menjadi model yang berharga untuk pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan daya tarik destinasi wisata. Oleh karena itu upaya peningkatan motivasi bagi pelaku usaha melalui peningkatan kapasitas dan pengetahuan dalam pengelolaan usaha perlu terus dilakukan dan didorong yang akan berdampak pada pengembangan lokasi wisata di Tandon Ciater, Kota Tangerang Selatan.

References

Gelgel, I Putu. Industri Pariwisata Indonesia Dalam Globalisasi Perdagangan Jasa. Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Muljadi, A. J., dan Warman, Andri. Kepariwisataan dan Perjalanan. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Paul, Peter, J, O. 2012. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi IX. Yogyakarta: Salemba Empat.

Parji, Wahyudi, A., Wardiningsih, S., S. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(1), 38-51.

Zameer, H., Ali, S., Nisar, W., and Amir, M., (2014). The Impact of the Motivation on the Employee’s Performance in Beverage Industry of Pakistan, International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 4 (1), 293–298.

Bahtiar, R., A. (2021). Dampak pandemic Covid 19 terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya, INFO Singkat, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 13(10), 19-24.

Published

2024-05-31