PEMBUATAN DAN PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI MUSHOLA BAITUL MUTTAQIN, PONDOK PETIR, BOJONGSARI, DEPOK

Authors

  • Didik Iswadi Universitas Pamulang
  • Ahmad Izul Khaq Universitas Pamulang
  • Ahmad Robby Alfiansyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39383

Keywords:

Virus, Corona-19, Desinfektan, Pelatihan

Abstract

Penyemprotan disinfektan ini, kegunaannya dapat dipercaya mencegah dan membunuh penyebaran virus corona penyebab sakit Covid-19. cairan disinfektan hanya untuk benda mati dan bukan untuk tubuh manusia. pembersihan dan penggunaan disinfeksi pada lingkungan dan ditingkat rumah sakit direkomendasikan terhadap benda yang sering disentuh. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu mencegah penyebaran virus Corona-19 di masyarakat dengan cara penyemprotan desinfektan, mengetahui cara pembuatan desinfektan yang sederhana di masyarakat, memberikan pengetahuan kepada masyarakat cara mengatasi virus Corona-19. Metode Pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan penyuluhan, dan pembuatan. Aksi yang telah dilakukan dengan analisa, penyemprotan, pemantauan. Pengabdian Masyarakat Universitas Pamulang ini telah membantu memecahkan persoalan yang dihadapi warga masyarakat khususnya jamaah mushola Baitul Muttaqin Pondok Petir, Bojongsari, Depok yang telah memecahkan masalah mengenai pencegahan virus corona-19 dan telah memberikan nilai-nilai positif dalam mengembangkan kehidupan  yang sehat.

References

Sari, D. F., Parnaadji, R. R., dan Sumono, A. 2013. Pengaruh Teknik Desinfeksi dengan Berbagai Macam Larutan Desinfektan pada Hasil Cetakan Alginat terhadap Stabilitas Dimensional. Jurnal Pustaka Kesehatan, 1(1).

Setiawan, D., Sibarani, J., dan Suprihatin, I. E. 2013. Perbandingan Efektivitas Desinfektan Kaporit Hidrogen Peroksida dan Pereaksi Fenton (H2O/Fe2+). Cakra Kimia (Indonesian E-Journal of Applied Chemistry), 1(2).

Agustin, D. 2005. Perbedaan Khasiat Anti Bakteri Bahan Irigasi Antara Hidrogen Peroksida 3% dan Infusum Daun Sirih 20% Terhadap Bakteri. Mix, Dent. J.38 (1):45-7.

Arianti, A., Rahmana, E.K., Daryono, H.T. 2012. Pedoman bahan berbahaya alkes dan pada produk perbekalan kesehatan rumah tangga. Jakarta : Kementerian Kesehatan Rl.

Published

2024-05-31