IMPLEMENTASI PEMBUATAN SISTEM ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH) PLN KE INVERTER DI MAJELIS DZIKIR JL. AMD POCIS BABAKAN

Authors

  • Aripin Triyanto Universitas Pamulang
  • Marfin Universitas Pamulang
  • Edwar mualim Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39535

Keywords:

Majelis dzikir, PKM, Penerangan, PLN, ATS

Abstract

Majelis dzikir merupakan suatu tempat atau perkumpulan yang dibangun untuk senantiasa mengingat kepada Allah SWT. Sebuah tempat yang digunakan untuk pekumpulan orang-orang yang menyebut dan mengucapkan kalimat ALLAH SWT. Terdapat beberapa peralatan pendukung untuk keberlangsungan kegiatan Manaqib/dzikir, salah satu diantaranya adalah penerangan yang digunakan untuk membantu kegiatan manaqib dilaksanakan di malam hari. Terdapat kesulitan dalam melangsungkan kegiatan apabila minim penerangan ataupun terdampak pemadaman listrik yang disebabkan oleh perbaikan dan pemeliharaan gardu listrik atau disebabkan karna habisnya token listrik. Melihat dan evaluasi dari hal tersebut, kami selaku team Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas teknik Prodi Teknik Elektro Universitas Pamulang berniat untuk memberikan solusi terhadap fasilitas yang dimiliiki oleh warga sekitar agar warga dapat berkegiatan dengan lebih minim gangguan seperti pemadaman listrik yang disebabkan kehabisan token atau terdampak pemadaman. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem Automatic Transfer Switch (ATS) merupakan sebuah sakelar yang bekerja secara otomatis. Pada saat sumber listrik (PLN) terputus atau sedang dalam perbaikan, maka sakelar akan berpindah ke sumber listrik lainnya yaitu dari baterai lalu dihubungkan ke inverter untuk dikonversi menjadi listrik AC. Penggunaan metode yaitu dengan membuat simulasi pemadaman sementara dan mengalihkan sumber tegangan listrik ke baterai dan inverter untuk menggantikan sumber PLN. Hasil yang didapatkan yaitu mempunyai indikasi berupa Emergency Lamp sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala saat terjadi permasalah supply listrik dari PLN. Luaran kegiatan yang dicapai yaitu dengan menerbitkan laporan akhir kegiatan PkM serta kegiatan yang dilakukan pada jurnal nasional yang terindeks Sinta.

Author Biography

Aripin Triyanto, Universitas Pamulang

Sinta ID : 6654816

References

Azis, A. (2023). Peran Majelis Dzikir Baitul Ma’ruf Dalam Pembinaan Akhlak. Al-Miftah: Jurnal Sosial Dan Dakwah, 4(2018), 1–16.

Baharuddin Arif Aswar, M., Mahmuddin, F., Darma Lestari, A., Poros Malino km, J., Gowa, K., & Selatan, S. (2021). Perancangan Automatic Transfer Switch (ATS) Pembangkit Listrik Hibrid Panel Surya dan Generator untuk Bagan Apung. Jurnal Penelitian Enjiniring (JPE), 25(2), 141–148. https://doi.org/10.25042/jpe.112021.09

Harahap, P., Adam, M., & Balisranislam. (2021). Implementasi Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik. ABDI SABHA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 198–205.

Kumara, I., Setiawan, I., & Studi Teknik Elektro, P. (2020). Grid Tie Inverter Untuk Plts Atap Di Indonesia: Review Standar Dan Inverter Yang Compliance Di Pasar Domestik. 7(2), 62.

Majid, A. (2017). Perancangan Sistem Automatic Transfer Switch (Ats) Sebagai Komponen Pelengkap Sistem HybridPln - Sel Surya. Jurnal Teknik Elektro, 7(1), 1–9.

Raharja, L. P. S., Eviningsih, R. P., Ferdiansyah, I., & Yanaratri, D. S. (2021). Penggunaan Daya Panel Surya Dengan MPPT Bisection Pada Proses Charging Baterai. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 9(1), 24–33. https://doi.org/10.32487/jtt.v9i1.957

Triyanto, A., Firasanto, G., Mualim, E., Agus, D., & Utomo, L. (2022). Implementasi dan Sosialisasi Prototipe Panel Surya 30 WP sebagai Pembelajaran di Lab SMK Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Pamulang , Tangerang Selatan. 2(6), 1849–1856.

Triyanto, A., Sakti, A. L., Nugraha, H., & Rifai, A. A. (2022). Operasi dan stabilitas sistem tenaga (A. Sunardi (ed.); Issue 1). UNPAM PRESS.

Triyanto, A., & Syaepudin, W. (2023). Perancangan Sistem Monitoring Tegangan Baterai 110 VDC Berbasis Bylnk Pada Gardu Induk. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(1), 353–363.

Published

2024-05-31