PENYULUHAN TENTANG PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU DARUL QUR’AN MULIA GUNUNG SINDUR, BOGOR

Authors

  • Asy Syifa Nuril Jannah Universitas Pamulang
  • Dian Ekawati Universitas Pamulang
  • Dadan Herdiana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39640

Keywords:

Bullying, Sanksi, Sekolah

Abstract

Bullying umum terjadi pada dunia pendidikan, tercatatat lebih dari 20 kasus bullying atau perundungan di sekolah terjadi pada tahun 2023 lalu. Meskipun kebijakan nasional telah dibuat, praktik di lapangan masih kurang efektif. Sekolah merupakan tempat yang rawan terjadinya bullying. Maka dari itu, sekolah perlu menciptakan kultur aman dan nyaman bagi anak-anak. Sanksi tegas juga diperlukan bagi pelaku bullying apabila ketahuan melakukan perundungan di sekolah, hal itu dilakukan untuk mencegah adanya kasus bullying terjadi lagi dikemudian hari. Selain itu, sekolah juga harus menerapkan aturan Pengabdian kepada masyarakat di Sekolah Menegah Atas Islam Terpadu Darul Qur’an Mulia ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman dan edukasi kepada para siswa tentang bahayanya praktik bullying sehingga perlu dilakukan pencegahan sejak dini agar praktik bullying tidak terjadi di Sekolah Menegah Atas Darul Qur’an Mulia.

References

Arman Rifat Lette, Penyuluhan tentang Bullying dan pencegahannya di SMK Negeri 1 Lelogama Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (PKMI), ICSE (Institute of Computer Science and Engineering), Banyumas, 2021.

Dinda Arini, diakses Penyuluhan Tentang Pentingnya Pencegahan Bullying dan Kesehatan Mental Pada Anak di MIN 3 Jember -diakses dari www.kompasiana.com.

Muhammad Mabrur Haslan, et. all, Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa dan Upaya untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Program Studi PPKn - FKIP Universitas Mataram, Mataram, 2021.

SD Negeri 4 Manistutu, Panduan Kegiatan Pencegahan Perundungan (Bullying) Tahun Pelajaran 2022 / 2023, Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Jembrana Wilayah Kecamatan Melaya, Bali, 2022.

Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar, Stop Perundungan/Bullying Yuk !, Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021

Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa), Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Grasindo, Jakarta, 2008.

https://www.amg.ac.id/mengatasi-perilaku-bullying/

https://edukasi.okezone.com/read/2023/09/29/624/2891914/bullying-marak-di-sekolah-dan-kampus-indonesia-darurat-kekerasan-pendidikan

Published

2024-05-31