PENGENALAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENDUKUNG KEMAJUAN UNIT USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SIDO LANGGENG DESA SIDEREJO KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39685Keywords:
Digital Marketing; BUMDes; Media Sosial; WebsiteAbstract
Berkembangnya era digital saat ini mendorong para pelaku usaha untuk beradaptasi dengan
teknologi dalam berbagai kegiatan usaha, salah satunya dalam aktivitas pemasaran. Digitalisasi
dalam pemasaran seharusnya dapat dimanfaatkan oleh BUMDes agar produk yang dikelola
melalui unit usahanya desa semakin dikenal dan laris di pasaran. Masih terbatasnya pengetahuan
tentang pemasaran digital (digital marketing) mendorong tim Pengabdian Masyarakat dari
Universitas Mulia untuk memperkenalkan gambaran umum mengenai aktivitas dalam pemasaran
digital. Adapun tujuan kegitatan pengabdian ini adalah mendukung para pelaku unit usaha desa
untuk memajukan dan meningkatkan penjualan produknya melalui pemasaran digital. Kegiatan
Pengabdian Masyarakat dengan tema pengenalan digital marketing kepada BUMDes ini
dilakukan dengan cara presentasi dan pemberian materi oleh fasilitator, diskusi serta
pendampingan pelatihan bersama para pengelola BUMDes dan pelaku unit usaha desa Siderejo
Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, para
pengelola BUMDes beserta unit usaha desa diberikan materi tentang bagaimana pemanfaatan
dan peran digital marketing dalam mengembangkan sebuah usaha, termasuk juga pemanfaatan
media sosial dan website sebagai sarana informasi, komunikasi, hingga berdagang secara online
(e-commerce). Dilihat dari pelatihan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa para
peserta secara keseluruhan mampu memahami dan mulai mempraktekkan kegiatan pemasaran
secara digital melalui penggunaan akun media sosial serta website untuk menginformasikan dan
mempromosikan setiap produk yang dimiliki unit usaha BUMDes. Dengan demikian, melalui
kegiatan yang telah dilakukan maka diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja BUMDes
serta mencapai kesejahteraan masyarakat setempat
References
Akbari, Tauny (2023). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk UMKM Di Desa
Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Media Abdimas, Vol.
No. 2, 64-70.
Arifin. Z., Ningsih. D. N. C, Salamah. S. N, dkk. (2022). Edukasi Digital Marketing untuk
Pengembangan Destinasi Wisata Sumber Biru. Surya Abdimas, Vol. 6 No. 2, 348 – 360.
Aryanto, V. D. W. dan Wismantoro, Y. 2020. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan
Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit PT. Kanisius.
Gunelius, S. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. USA: McGraw Hill.
Herman. B., Haslindah, Anwar. M. A., dkk. (2023). Pemberdayaan Bumdes Melalui Edukasi
Digital Marketing Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. JMM (Jurnal Masyarakat
Mandiri) Vol. 7, No. 6, 5333-5343.
Muhammad Aris, M., Erna, Akmul. A. (2021). Pendampingan Pengelolaan BUMDes Melalui
Kearifan Lokal Tudang Sipulung Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Ujung
Baru Kab.Wajo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Sosiosaintifik (JurDikMas),
Volume 3 Issue 1, 154-161.
Nistrina. K., Rosmalina, Sukiman. (2023). Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya
Mendukung Gerakan Indonesia Melayani pada BUMDES Desa Bojongsoang. Abdimas
Siliwangi, Vol. 6 No.2, 305-314
Omi Pramiana, O., Gilang. M. R. (2022). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik
Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. Comvice: Journal of
Community Service, Vol. 6 No. 1, 5-12.
Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015. Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan
Pembubaran Badan Usaha Milik Desa
Samjulaifi, Muhammadiah, Usman, J. (2022). Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik
Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Ko’mara Kecamatan
Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal UNISMUH, Vol. 3 No. 1, 50-63.
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing
System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No. 1, 65-75.
Solis, B. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and
Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sulianta, F. 2023. Panduan Lengkap Digital Marketing. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Undang-undang No 6 Tahun 2014. Badan Usaha Milik Desa
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Ayu Lestariani, Endah Lestari, Nandha Narendra Muvano, Ivan Armawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.