PENGENALAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENDUKUNG KEMAJUAN UNIT USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SIDO LANGGENG DESA SIDEREJO KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Authors

  • Made Ayu Lestariani universitas mulia
  • Endah Lestari Universitas Mulia Balikpapan
  • Nandha Narendra Muvano Universitas Mulia Balikpapan
  • Ivan Armawan Universitas Mulia Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i2.39685

Keywords:

Digital Marketing; BUMDes; Media Sosial; Website

Abstract

Berkembangnya era digital saat ini mendorong para pelaku usaha untuk beradaptasi dengan
teknologi dalam berbagai kegiatan usaha, salah satunya dalam aktivitas pemasaran. Digitalisasi
dalam pemasaran seharusnya dapat dimanfaatkan oleh BUMDes agar produk yang dikelola
melalui unit usahanya desa semakin dikenal dan laris di pasaran. Masih terbatasnya pengetahuan
tentang pemasaran digital (digital marketing) mendorong tim Pengabdian Masyarakat dari
Universitas Mulia untuk memperkenalkan gambaran umum mengenai aktivitas dalam pemasaran
digital. Adapun tujuan kegitatan pengabdian ini adalah mendukung para pelaku unit usaha desa
untuk memajukan dan meningkatkan penjualan produknya melalui pemasaran digital. Kegiatan
Pengabdian Masyarakat dengan tema pengenalan digital marketing kepada BUMDes ini
dilakukan dengan cara presentasi dan pemberian materi oleh fasilitator, diskusi serta
pendampingan pelatihan bersama para pengelola BUMDes dan pelaku unit usaha desa Siderejo
Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, para
pengelola BUMDes beserta unit usaha desa diberikan materi tentang bagaimana pemanfaatan
dan peran digital marketing dalam mengembangkan sebuah usaha, termasuk juga pemanfaatan
media sosial dan website sebagai sarana informasi, komunikasi, hingga berdagang secara online
(e-commerce). Dilihat dari pelatihan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa para
peserta secara keseluruhan mampu memahami dan mulai mempraktekkan kegiatan pemasaran
secara digital melalui penggunaan akun media sosial serta website untuk menginformasikan dan
mempromosikan setiap produk yang dimiliki unit usaha BUMDes. Dengan demikian, melalui
kegiatan yang telah dilakukan maka diharapkan akan mampu meningkatkan kinerja BUMDes
serta mencapai kesejahteraan masyarakat setempat

References

Akbari, Tauny (2023). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk UMKM Di Desa

Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Media Abdimas, Vol.

No. 2, 64-70.

Arifin. Z., Ningsih. D. N. C, Salamah. S. N, dkk. (2022). Edukasi Digital Marketing untuk

Pengembangan Destinasi Wisata Sumber Biru. Surya Abdimas, Vol. 6 No. 2, 348 – 360.

Aryanto, V. D. W. dan Wismantoro, Y. 2020. Marketing Digital: Solusi Bisnis Masa Kini dan

Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit PT. Kanisius.

Gunelius, S. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. USA: McGraw Hill.

Herman. B., Haslindah, Anwar. M. A., dkk. (2023). Pemberdayaan Bumdes Melalui Edukasi

Digital Marketing Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. JMM (Jurnal Masyarakat

Mandiri) Vol. 7, No. 6, 5333-5343.

Muhammad Aris, M., Erna, Akmul. A. (2021). Pendampingan Pengelolaan BUMDes Melalui

Kearifan Lokal Tudang Sipulung Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Ujung

Baru Kab.Wajo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Sosiosaintifik (JurDikMas),

Volume 3 Issue 1, 154-161.

Nistrina. K., Rosmalina, Sukiman. (2023). Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya

Mendukung Gerakan Indonesia Melayani pada BUMDES Desa Bojongsoang. Abdimas

Siliwangi, Vol. 6 No.2, 305-314

Omi Pramiana, O., Gilang. M. R. (2022). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik

Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. Comvice: Journal of

Community Service, Vol. 6 No. 1, 5-12.

Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015. Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, dan

Pembubaran Badan Usaha Milik Desa

Samjulaifi, Muhammadiah, Usman, J. (2022). Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik

Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Ko’mara Kecamatan

Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal UNISMUH, Vol. 3 No. 1, 50-63.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing

System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No. 1, 65-75.

Solis, B. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and

Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sulianta, F. 2023. Panduan Lengkap Digital Marketing. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Undang-undang No 6 Tahun 2014. Badan Usaha Milik Desa

Published

2024-05-31