PELATIHAN HOSPITALITY DAN PARIWISATA DI KAMPUNG KOSONG

Authors

  • Sofiani Universitas Bunda Mulia
  • Rendy Sarudin Universitas Bunda Mulia
  • Andari Tirtadijaja Universitas Bunda Mulia

Keywords:

Pariwisata, PKK, UMKM

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang saat ini sedang dikembangkan, dan tumbuhnya pariwisata dapat membuka lapangan kerja. Pemberdayaan melalui komunitas Ibu-ibu PKK yang merupakan wadah untuk mengembangkan perekonomian suatu komunitas. Salah satunya adalah pengembang kewirausahaan dalam bentuk industri rumah tangga (home industry). Industri rumah tanga merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang mempunyai nilai tambah untuk memperoleh keuntungan. Industri rumah tangga juga menjadi wadah bagi sebagian besar masyarakat yang dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan kontribusi besar dan menempati peran strategis dalam pembangunan perekonomian di Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten. Berdasarkan perhitungan hasil kuesioner yang di berikan kepada peserta sebanyak 30 orang untuk seluruh materi maka katagori Edukatif (Kegiatan Abdimas bermanfaat dan menjawab kebutuhan Peserta) hasil rata-rata kuesioner adalah sebesar 3,83, Objektif (Materi yang disampaikan sesuai dengan kondisi dan masalah yang dihadapi peserta) hasil rata-rata kuesioner sebesar 3,63, Akuntabel (Materi disampaikan dengan jelas dan dapat dipahami oleh peserta) hasil rata-rata kuesioner sebesar  3,66%, Transparan (Peserta dilibatkan secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan) hasil rata-rata kuesioner sebesar  3,33%.

References

Agushinta, L., & Wijaya, R. A. K. (2016). Pengaruh penerapan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kecelakaan kerja karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 2(2), 287-295.

Hamzah, Faizal dan Eko Tri Utomo. 2016. Implementasi Sapta Pesona pada Museun Mandala Wangsit Siliwangi Kota Bandung. Jurnal Pariwisata. Vol III No. 2. Bandung: BSI.

Kurniansah, R. 2016. Persepsi Dan Ekspektasi Wisatawan Terhadap Komponen Destinasi Wisata Lakey-Hu’U, Kabupaten

Published

2024-05-31