ARTIFICIAL INTELLIGINCE (AI) PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGINCE (AI) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v5i3.43445Keywords:
Artificial Intelligence (AI), Pendidikan Digital, Tantangan Implementasi AI, Transformasi PendidikanAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar untuk diadopsi dalam pendidikan. AI, yang mampu meniru fungsi kognitif manusia seperti belajar, berpikir, dan memecahkan masalah, telah menjadi topik utama dalam diskusi peningkatan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan AI memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, adaptif, dan personal, terutama di era digital saat ini. Di sekolah berbasis digital, AI dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pembelajaran adaptif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, analisis data belajar untuk memberikan umpan balik cepat kepada guru, serta pengembangan konten pembelajaran yang menarik. Meskipun demikian, penerapan AI di pendidikan menghadapi tantangan seperti kebutuhan infrastruktur, kesiapan tenaga pendidik, serta isu privasi dan keamanan data siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut manfaat dan tantangan pemanfaatan AI dalam pendidikan serta memberikan rekomendasi strategis untuk implementasi AI yang efektif di lingkungan sekolah berbasis digital.
References
Arifdarma, I.(2023). Pengaruh
Teknologi Chat Gpt Terhadap Dunia Pendidikan: Potensi Dan Tantangan. 4(1)
Eriana, Emi Sita dkk. (2023). Artificial
Intelligence. Jawa Tengah : Eureka Media Aksara.
Faizah, N. S. (2017). Hakikat Belajar
Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
1(2), 175–185
Gunawan, K. D. H., Liliasari, L.,
Kaniawati, I., & Setiawan, W. (2021). Implementation of Competency Enhancement
Program for Science Teachers Assisted by Artificial Intelligence in Designing HOTS-based Integrated Science Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 7(1), 55.
https://doi.org/10.30870/jppi.v7i1.8655
Hill, J., Randolph Ford, W., & Farreras,
I. G. (2015). Real conversations with artificial intelligence: A comparison between human–human online conversations and human–chatbot conversations. Computers in Human
Hsieh, Y.-Z., Lin, S.-S., Luo, Y.-C.,
Jeng, Y.-L., Tan, S.-W., Chen, C.-R., & Chiang, P.-Y. (2020). ARCS-Assisted Teaching Robots Based on Anticipatory Computing and Emotional Big Data for Improving Sustainable Learning Efficiency and Motivation. Sustainability, 12(14), 5605. https://doi.org/10.3390/su12145605
Karsenti, T. (2019). Artificial
intelligencein education:The urgent need to prepareteachers for tomorrow’sschools. Formation et profession, 27(1), 105. https://doi.org/10.18162/fp.2019.a166
Kim, H.-S., Kim, N. Y., & Cha, Y.
(2021). Is It Beneficial to Use AI Chatbots to Improve Learners’ SpeakingPerformance? The Journal of AsiaTEFL, 18(1), 161–178. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2021.18.1.10.161
Lin, M. P.-C., & Chang, D. (2020).
Enhancing Post-secondary Writers’ Writing Skills with a Chatbot: A Mixed- Method Classroom Study. Journal of Educational Technology & Society, 23(1), 78–92.
Mambu, J. G. Z., dkk (2023).
Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Jounarl On Education, 06 (01), 2689– 2698.
Ruan, S., Willis, A., Xu, Q., Davis, G.
M., Jiang, L., Brunskill, E., & Landay, J. A. (2019). BookBuddy: Turning Digital Materials Into Interactive Foreign Language Lessons Through a Voice Chatbot. Proceedings of the Sixth (2019) ACM Conference on Learning @ Scale, 1–4. https://doi.org/10.1145/3330430.3333643
Rooein, D. (2019). Data-Driven Edu
Chatbots. Companion Proceedings of The 2019 World Wide Web Conference, 46–49. https://doi.org/10.1145/3308560.3314191
Vázquez-Cano, E., Mengual-Andrés, S.,
& López-Meneses, E. (2021). Chatbot to improve learning punctuation in Spanish and to enhance open and flexible learning environments. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 33. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00269-8
Xia, Q., Chiu, T. K. F., Lee, M., Sanusi,
I. T., Dai, Y., & Chai, C. S. (2022). A self-determination theory (SDT) design approach for inclusive and diverse artificial intelligence (AI) education. Computers & Education, 189, 104582.
Zhang, Y., Pei, H., Zhen, S., Li, Q., &
Liang, F. (2023). Chat Generative Pre-Trained Transformer (ChatGPT) usagein healthcare. Gastroenterology & Endoscopy, 1(3), 139–143. https://doi.org/10.1016/j.gande.2023.07.002
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hermanto, Irwan Adhi Prasetya, Muhammad Faqih Dzulqarnain, Wandi Sujatmiko, Mira Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.